ULA ADAWIYAH (2024) ANALISIS PENERAPAN PROGRAM MAGANG MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (446kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab I.pdf
Download (719kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (886kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (711kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (809kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (701kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (537kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (911kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Tujuan dari Merdeka Belajar kampus Merdeka ialah agar mahasiswa menguasai berbagai ilmu pengetahuan sesuai dengan keahlian dan minat yang didasari oleh inovasi pembelajaran untuk mendapatkan kualitas belajar yang sangat baik. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sudah menerapkan kurikulum MBKM salah satunya pada Program magang di prodi Pendidikan Bahasa Arab. Salah satu dari delapan skema kegiatan MBKM yang telah terlaksanakan di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab adalah program magang MBKM. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah peneliti lakukan, ditemukan fakta bahwa beberapa persyaratan atau ketentuan magang Pendidikan Bahasa Arab belum sepenuhnya berjalan sesuai dengan panduan yang ada di buku panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui pelaksanaan program magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang ada di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta serta faktor pendukung dan penghambat pada program magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Data yang diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis data secara diskriptif kualitatif. Teknik analisis data dimulai dari observasi, pengumpulan seluruh hasil data wawancara kemudian dilanjutkan dengan reduksi data, penyajian data menggunakan trianggulasi dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini adalah penerapan program magang MBKM pada program studi masih membutuhkan evaluasi lebih lanjut, terutama pada mekanisme magang MBKM yang belum sepenuhnya berjalan sesuai ketententuan panduan pada program magang. Adapun kurikulum MBKM yang disusun oleh program studi yang masih dalam proses pengesahan dari pihak universitas. Ada Faktor penghambat dalam penerapan MBKM seperti keterlambatan timeline magang akibat masalah visa dan kurangnya sosialisasi dan edukasi secara berkala yang mengakibatkan miskomunikasi antara program studi, mahasiswa dan pihak mitra. faktor pendukung antusiasme perserta dan subsidi dari program studi. Perbaikan dalam hal ini diperlukan untuk memastikan pengalaman magang yang bermutu dan kelancaran keseluruhan program magang MBKM.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Curriculum, Internship, MBKM, Education |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 29 May 2024 06:10 |
Last Modified: | 29 May 2024 06:10 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45697 |