EFEKTIVITAS MEDIA E-LEARNING TANOSHII NIHONGO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KAIWA

MOHAMAD FARHAN FADILAH (2024) EFEKTIVITAS MEDIA E-LEARNING TANOSHII NIHONGO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KAIWA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (966kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pada penelitian ini dengan judul skripsi "Efektivitas Media E-Learning Tanoshii Nihongo Dalam Meningkatkan Kemampuan Kaiwa". Pada skripsi ini, peneliti menggunakan metode penelitian studi eksperimen kuantitatif dengan menggunakan pendekatan true eksperimental design. Terdapat jumlah total sampel dalam penelitian ini yaitu 72 orang siswa kelas X Kuliner SMKN 4 Yogyakarta yang terdiri dari 36 orang kelas eksperimen dan 36 orang kelas kontrol. Hasil dari analisis data, diperoleh nilai t hitung sebesar 7,097 > t tabel (1,994) dengan db = 70 dan taraf signifikan 5%. Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Maka, media e-learning Tanoshii Nihongo efektif dalam meningkatkan kemampuan kaiwa. Sedangkan berdasarkan hasil analisis angket, responden menyatakan bahwa media e-learning Tanoshii Nihongo sangat praktis dan mudah digunakan untuk pembelajaran Bahasa Jepang khususnya dalam hal ber-kaiwa sehingga dapat memotivasi peserta didik dalam belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: effectiveness, e-learning, kaiwa
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Jepang S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 05 Jun 2024 06:28
Last Modified: 05 Jun 2024 06:28
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45707

Actions (login required)

View Item
View Item