MOHAMAD FARHAN FADILAH (2024) EFEKTIVITAS MEDIA E-LEARNING TANOSHII NIHONGO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KAIWA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (966kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (906kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (755kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pada penelitian ini dengan judul skripsi "Efektivitas Media E-Learning Tanoshii Nihongo Dalam Meningkatkan Kemampuan Kaiwa". Pada skripsi ini, peneliti menggunakan metode penelitian studi eksperimen kuantitatif dengan menggunakan pendekatan true eksperimental design. Terdapat jumlah total sampel dalam penelitian ini yaitu 72 orang siswa kelas X Kuliner SMKN 4 Yogyakarta yang terdiri dari 36 orang kelas eksperimen dan 36 orang kelas kontrol. Hasil dari analisis data, diperoleh nilai t hitung sebesar 7,097 > t tabel (1,994) dengan db = 70 dan taraf signifikan 5%. Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Maka, media e-learning Tanoshii Nihongo efektif dalam meningkatkan kemampuan kaiwa. Sedangkan berdasarkan hasil analisis angket, responden menyatakan bahwa media e-learning Tanoshii Nihongo sangat praktis dan mudah digunakan untuk pembelajaran Bahasa Jepang khususnya dalam hal ber-kaiwa sehingga dapat memotivasi peserta didik dalam belajar.
Dosen Pembimbing: | Arsyl Elensyah Rhema Machawan, S.Pd., M.Pd. | NIDN0507068902 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | effectiveness, e-learning, kaiwa |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 06:28 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 06:28 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45707 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |