AQILA ARIFAH (2024) PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN MENDENGAR DAN BERBICARA BAHASA ARAB MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (749kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (214kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (487kB)
Bab I.pdf
Download (260kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (274kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (255kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (689kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (133kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (229kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (604kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode bermain peran dalam mata kuliah Pendidikan Bahasa Arab, untuk menganalisis dampak dari metode bermain peran dalam meningkatkan keterampilan menyimak dan berbicara dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari metode Role Playing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis statistik metode kausal-komparatif untuk mengevaluasi hubungan sebab-akibat antara 2 variabel. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 57 responden dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan distribusi kuesioner dan dokumentasi dan instrumen penelitiannya berupa kuesioner dan data nilai. Hasil penelitian menunjukkan proses implementasi metode Role Playing melibatkan beberapa langkah, seperti pengantar materi, pembagian mahasiswa ke dalam kelompok berdasarkan tema, pembuatan naskah teks, dan pelaksanaan Role Playing tanpa melihat teks sebelumnya. Meskipun metode Role Playing menawarkan kelebihan signifikan, seperti pengembangan soft skill, peningkatan motivasi belajar, dan kemampuan berkomunikasi yang lebih baik, namun terdapat juga beberapa kekurangan, seperti tantangan dalam menyalurkan ide dan persiapan yang memakan waktu. Berdasarkan uji regresi linear sederhana mendapatkan nilai Sig. 0,001, sedangkan berdasarkan hasil dari tingkat capaian responden 92,86% menyatakan "Baik" terhadap penggunaan metode Role Playing, dan berdasarkan uji analisis deskriptif mendapatkan rata-rata 77,71 yang termasuk "Sangat Baik" berdasarkan kriteria PLO. Analisis yang digunakan menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari metode bermain peran terhadap kemampuan bahasa siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode bermain peran memberikan dampak positif terhadap pembelajaran bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Effect, Role playing, listening skills, speaking |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 04:07 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 04:07 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45725 |