CAHYANTI (2024) STRATEGI KOMUNIKASI KEPARIWISATAAN KAMPUNG WISATA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN (STUDI KASUS KAMPUNG WISATA PURBAYAN). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (338kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (400kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (188kB)
Bab I.pdf
Download (199kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (692kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (314kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (58kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (208kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (335kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (392kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Strategi komunikasi pemasaran Kampung Wisata Purbayan dalam meningkatkan jumlah kunjungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran Kampung Wisata Purayan oleh pengelola (POKDARWIS) kampung wisata tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Teknik pengambilan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasarasan Kampung Wisata Purbayan dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu tahap (1) mengidentifikasi khalayak sasaran dengan cara menyediakan beberapa paket wisata yang ditawarkan kepada pelanggan dan dan target pemasarannya meliputi pelajar, perguruan tinggi dan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara, (2) mengorganisasikan dan mengelola komunikasiyang terintegrasi jangakauan luas dengan melakukan kerjasama dengan beberapa pihak diantaranya yakni Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Agent Travel, dan Homestay yang ada di Kawasan Kotagede,(3) merancang pesan yang dilakukan oleh kampung wisata purbayan yakni dengan cara membuat video berbentuk storytelling yang bertujuan untuk memberikan kesan berbeda bagi pelanggan dan pesan yang ada dalam video tersebut dapat dipahami dengan cepat oleh pelanggan, (4) menentukan tujuan komunikasi yakni untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dengan cara melakukan promosi melalui media cetak seperti penyebaran brosur di setiap kegiatan yang dilakukan oleh kampung wisata purbayan dan disebarkan di Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta bertujuan untuk memudahkan pelanggan dalam mencari destinasi wisata tujuan, (5) menentukan anggaran komunikasi pemasaran untuk setiap kegiatan yang dilaksanakan seperti pembuatan paket-paket wisata inovasi seperti pendataan paket wisata yang membutuhkan banyak biaya dan tenaga demi mencapai tujuan yang diharapkan, (6) memilih saluran pemasaran guna mempermudah dalam menjangkau pelanggan secara meluas yakni dengan memanfaatkan media cetak seperti koran yang digunakan pada saat melakukan Exibition atau pameran dan penyebaran brosur kepada pelanggan yang bertujuan agar dapat membuat pelanggan lain terpengaruh untuk melakukan kunjungan, dan (7) menentukan bauran promosi yang menggunakan perpaduan antara iklan, penjualan pribadi dan hubungan masyarakat . Melalui penerapan strategi komunikasi pemasaran yang telah dirancang tersebut diharapkan dapat mempermudah kampung wisata purbayan dalam mendapatkan lebih banyak lagi pelanggan dan dapat memperkalkan Kampung Wisata Purbayan ke masyarakat luas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Purbayan Tourism Village, POKDARWIS, Marketing Communication Strategy |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 03:50 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 03:50 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45731 |