EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR APLIKASI JAPANESE! TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA SMK KESEHATAN SADEWA: STUDI EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS XI SMK KESEHATAN SADEWA TAHUN AJARAN 2023/2023

ANISA SEKAR MAHARANI (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR APLIKASI JAPANESE! TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA SMK KESEHATAN SADEWA: STUDI EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS XI SMK KESEHATAN SADEWA TAHUN AJARAN 2023/2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian mengeksplorasi efek penggunaan aplikasi Japanese! dalam pembelajaran bahasa Jepang karakter Hiragana pada siswa kelas XI SMK Kesehatan Sadewa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kontrol acak dengan partisipan siswa kelas XI. Pada kelompok eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelompok kontrol berjumlah 25 siswa. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Japanese! secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca karakter Hiragana, dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Selain itu terdapat data angket yang menyebutkan sebagian besar siswa berpendapat bahwa metode pembelajaran Hiragana dengan menggunakan aplikasi Japanese! mempermudah siswa dalam mempelajari karakter Hiragana.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: effectiveness, Japanese! application learning media, Hiragana
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Jepang S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 04 Jun 2024 09:31
Last Modified: 04 Jun 2024 09:31
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45779

Actions (login required)

View Item
View Item