MUHAMMAD AFNAN RAIHAN (2024) KECEMASAN MEMBACA BAHASA JEPANG PADA MAHASISWA TINGKAT II PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (911kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (427kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (393kB)
Bab I.pdf
Download (444kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (557kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (490kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (331kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (297kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (712kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (534kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecemasan membaca teks berbahasa Jepang pada mahasiswa tingkat 2 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan dua jenis instrument, yaitu pertama menggunakan instrument yang gunakan untuk membuat kuesioner mengenai kecemasan atau bisa disebut dengan Foreign Language Reading Anxiety Scale (FLRAS) yang disusun oleh Saito, dkk (1999). Kedua adalah instrument untuk mencari tahu lebih dalam mengenai kecemasan yang dirasakan dan bagaimana cara mengatasi kecemasan tersebut. Dalam proses pengumpulan data, 42 mahasiswa angkatan 2022 dilibatkan sebagai responden. Penelitian ini menunjukkan bahwa kecemasan dalam membaca teks Bahasa Jepang pada mahasiswa tingkat dua Pendidikan Bahasa Jepang UMY merupakan fenomena kompleks yang melibatkan tiga aspek utama: fisik, emosional, dan mental/kognitif. Faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan tersebut antara lain adalah kemampuan membaca kanji, pengetahuan pola kalimat, penguasaan kosakata Bahasa Jepang, dan perasaan cemas dan malu saat melakukan kesalahan dalam membaca. Solusi untuk mengatasi kecemasan tersebut adalah dengan meningkatkan penguasaan kosakata, pola kalimat, dan kanji serta membiasakan diri membaca teks berbahasa Jepang secara konsisten.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anxiety, Reading, Japanese Language |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Jepang S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 02:50 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 02:50 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45853 |