PENGARUH PERATURAN,BUDAYA ORGANISASI,DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP PERTUKARAN DATA ANTAR INSTANSI DI PEMERINTAH DAERAH DALAM MENDUKUNG PELAYANAN PUBLIK BERBASIS ELEKTRONIK(STUDI KASUS BIDANG KETENAGAKERJAAN KOTA TANJUNGBALAI SUMATERA UTARA TAHUN 2023)

MUHAMMAD DAFFA ATTAHARIQ RAFLY (2024) PENGARUH PERATURAN,BUDAYA ORGANISASI,DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP PERTUKARAN DATA ANTAR INSTANSI DI PEMERINTAH DAERAH DALAM MENDUKUNG PELAYANAN PUBLIK BERBASIS ELEKTRONIK(STUDI KASUS BIDANG KETENAGAKERJAAN KOTA TANJUNGBALAI SUMATERA UTARA TAHUN 2023). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (472kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pemerintah di berbagai negara telah menerapkan digitalisasi pemerintahan di era modern ini, yang telah membawa perubahan besar terhadap kehidupan manusia ke arah yang lebih modern.Pemerintah di seluruh dunia ingin memberikan pelayanan terbaik kepada rakyat mereka.memanfaatkan digitalisasi dan teknologi informasi untuk meningkatkan penyampaian layanan publik kepada dunia usaha dan masyarakat. Salah satu definisi istilah �e-Government� adalah penyediaan layanan publik melalui pemanfaatan teknologi digital. Pemerintah Kota Tanjungbalai juga telah mengaplikasikan pelayanan publik secara elektronik.Penelitian ini memiliki tujuan untuk dapat mengetahui seberapa besar pengaruh variabel independent yang meliputi Peraturan, budaya organisasi, dan kepemimpinan terhadap variabel dependent yaitu pertukaran data antar instansi di pemerintah daerah dalam mendukung pelayanan publik berbasis elektronik (studi kasus Bidang Ketenagakerjaan Kota Tanjungbalai 2023). Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis metode kuantitatif yang analisisnya menggunakan bantuan software SmartPLS 4Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya Peraturan dan Budaya organisasi memiliki pengaruh terhadap Pertukaran data antar instansi secara positif dan signifikan sedangkan pada kepemimpinan tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pertukaran data antar instansi di pemerintah daerah. Pada nilai r-square masing-masing variabel memiliki nilai pengaruh yang kuat dibuktikan dengan nilai r-square masing masing (0.844),(0.878) dan (0.779) dan nilai R-Square dari total seluruh variabel independent terhadap variabel dependent yaitu pengaruh peraturan,budaya organisasi,dan kepemimpinan terhadap pertukaran data antar instansi dengan nilai 0.922.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Existing ruless,organizational culture,leadership,and interoperability of-inter agency data in local government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 04 Jun 2024 04:13
Last Modified: 04 Jun 2024 04:13
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45876

Actions (login required)

View Item
View Item