KOMUNIKASI PEMERINTAH DALAM SOSIALISASI APLIKASI E-HIBAH BANSOS MANDIRI DI KOTA CILEGON TAHUN 2022-2023

FERISA ANISETYANI (2024) KOMUNIKASI PEMERINTAH DALAM SOSIALISASI APLIKASI E-HIBAH BANSOS MANDIRI DI KOTA CILEGON TAHUN 2022-2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (895kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penerimaan bantuan sosial yang sering ditemui yaitu adanya masyarakat yang kurang mampu tetapi tidak terdata sebagai penerima bantuan sosial sedangkan masyarakat yang dianggap mampu memperoleh bantuan. Program yang dibuat dan dijalankan oleh pemerintah Kota Cilegon yaitu E-Hibah Bansos Mandiri merupakan bentuk dari pengabdian pemerintah kepada masyarakat serta pihak terkait dan sebagai wujud transparansi penyelenggaraan hibah dan bantuan sosial secara online. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Komunikasi Pemerintah Kota Cilegon dalam Sosialisasi Aplikasi E-Hibah Bansos Mandiri kepada masyarakat. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpukan data melalui wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Bagian Kesejahteran Masyarakat (Kesra), Dinas Komunikasi dan infromatika serta masyarakat Kota Cilegon. Hasil dari penelitian ini mengenai proses komunikasi pemerintah dalam pelaksanaan sosialisasi oleh kepala sub bagian bina sosial masyarakat pada Kesejahteraan Rakyat (Kesra) sebagai komunikator. Sebagai pelaksana Kesejahteraan Rakyat (Kesra) memiliki tujuan dari E-Hibah Bansos Mandiri yaitu sebagai wadah partisipasi masyarakat agar ikut serta dalam mengawasi dan membantu pencapian sasaran pembangunan agar dalam proses penyaluranya dapat dilakukan lebih transparan, akuntabel, dan berkeadilan. Proses komunikasi pada sosialisasi E-Hibah Bansos Mandiri ditemukan adanya hambatan pada saat penyampaian pesan komunikator dan komunikan dalam proses komunikasi pemerintah pada pelaksanaan E-Hibah Bansos Mandiri Kurang meratanya informasi tentang sosialisasi E-Hibah Bansos Mandiri bagi Sebagian masyarakat ini sangat disayangkan karena dengan adanya website tersebut dapat mempermudah mereka dalam mengajukan bantuan sosial. Kurangnya peran media yang digunakan dalam menyebarkan informasi website E-Hibah Bansos Mandiri ini maka pemerintah harus teliti dalam proses penyebaran informasi supaya dapat dirasakan semua masyarakat yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Government Communication, E-Hibah Bansos Mandiri, Socialization
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 04 Jun 2024 04:03
Last Modified: 04 Jun 2024 04:03
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45889

Actions (login required)

View Item
View Item