INDAH PUSPITA FEBY YANTI (2024) PENERAPAN METODE MEMBACA NYARING DALAM MENGHAFAL KOSAKATA BAHASA JEPANG DASAR PADA SISWA INTERNSHIP LPK FUJIYAMA GLOBAL INDONESI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (784kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (108kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (771kB)
Bab I.pdf
Download (2MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (612kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (878kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa tersulit di dunia terutama bagi kita orang Indonesia. Salah satu kesulitan belajar bahasa jepang terdapat pada penggunaan hurufnya yaitu hiragana, katakana, dan kanji yang sama sekali berbeda dengan bahasa Indonesia yang menggunakan alphabet. Selain itu pelafalan kosakata bahasa Jepang yang harus memperhatikan panjang-pendeknya kata sehingga arti sebenarnya dari kata tersebut tidak berubah. Melihat hal ini peneliti berpendapat bahwa dalam mempelajari bahasa Jepang memerlukan metode pembelajaran yang tepat dan menarik agar dapat mempermudah pembelajaran. Salah satu metode belajar yang sering digunakan adalah metode membaca nyaring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode membaca nyaring dalam menghafal kosakata bahasa Jepang seperti pada teori Tarigan (2008:23). Dalam pengajaran bahasa asing, metode membaca nyaring lebih mendekati atau lebih menunjukkan kepada ucapan daripada pemahaman. Penelitian ini dilakukan pada siswa internship LPK Fujiyama Global Indonesia di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Hasil dari data penelitian ini menunjukkan bahwa metode membaca nyaring dalam menghafal kosakata dasar bahasa Jepang yang dilakukan dengan pemilihan teks wacana yang menarik, melafalkan kalimat dengan bersuara nyaring, memberi perbaikan hatsuon, melakukan diskusi makna dan isi teks wacana ini dapat disimpulkan bahwa melalui metode membaca nyaring berhasil memudahkan siswa untuk menghafal kosakata dasar bahasa Jepang pada siswa intrenship LPK Fujiyama Global Indonesia di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reading Aloud Method, Memorization, Japanese Vocabulary |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Jepang S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 03:58 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 03:58 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45901 |