ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAH DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MINGGIR

KHUSNI NASIRUDIN (2024) ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAH DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MINGGIR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pembelajaran AIK terhadap pembentukan akhlak di SMP Muhammadiyah 1 Minggir. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kondisi akhlak peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 Minggir bervariasi yaitu relatif berakhlak baik dan ditemukan beberapa peserta didik memiliki akhlak yang kurang baik, hal tersebut disebabkan oleh faktor-faktor seperti latar belakang keluarga yang broken/bercerai dan pengetahuan agama yang terbatas; (2) Pentingnya Pendidikan Agama Islam (AIK) dalam membentuk akhlak peserta didik sangatlah besar, menekankan praktik-praktik Islam dan nilai-nilai fundamentalnya; (3) Adanya elemen-elemen pendukung seperti ketersediaan fasilitas, integritas guru, dan kerjasama antar guru AIK, tantangan-tantangan tetap ada karena pengawasan dan bimbingan yang kurang dari para guru, serta kurangnya kolaborasi antara guru AIK dan staf pengajar lainnya. Mengatasi tantangan ini penting untuk terwujudnya implementasi pembelajaran AIK yang efektif serta adanya program pembentukan akhlak di sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: AIK Learning, Moral Formation
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:22
Last Modified: 03 Jun 2024 03:22
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45929

Actions (login required)

View Item
View Item