LINGGARATI GHAFFARAH (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH AL-MUJAHIDIN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (493kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (119kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (129kB)
Bab I.pdf
Download (198kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (298kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (213kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (577kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (109kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (180kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (249kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang dalam menerima pemikiran positif yang dapat berperan penting dalam mengelola, menilai, memecahkan masalah serta mengontrol emosi yang ada pada dirinya sendiri dan orang disekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan kecerdasan emosional siswa, serta untuk mengidentifikasi apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin Gunungkidul. Penelitian ini mengambil 3 responden, yang terdiri dari satu guru waka kurikulum kesiswaan, satu guru bimbingan konseling dan enam peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik dalam kreadibilitas data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori dari Miles dan Huberman yang terdiri dari 3 tahapan yaitu : reduksi data, penyajian data dan juga verifikasi data. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa: 1) strategi pengembangan kecerdasan emosional menggunakan tiga jenis strategi, yaitu melalui: Pembiasaan, pembelajaran dan juga hukuman. 2) faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa melalui faktor pendukung : peran orang tua, peran lingkungan sekitar, peserta didik dan nilai sikap. Sedangkan faktor penghambat melalui : pengaruh teman, peran orang tua yang acuh dan pengaruh dari pelanggaran yang sebelumnya peserta didik pernah lakukan.Kata Kunci : Strategi, Kecerdasan, Pembiasaan, Pembelajaran dan Hukuman
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategy, Intelligence, Habituation, Learning and Punishment |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 03:22 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 03:22 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45932 |