IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS ISLAMIC MONTESSORI DI SEKOLAH KB/TK RONA MONTESSORI

NAUFAL ZAKY ELHASAN (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS ISLAMIC MONTESSORI DI SEKOLAH KB/TK RONA MONTESSORI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (981kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Hakikatnya, Pendidikan Anak Usia Dini bukan tentang seberapa banyak otak anak menerima berbagai macam informasi, namun proses bagaimana otak anak mampu ditumbuh kembangkan, diberi motivasi, dan disedikaan lingkungan yang mampu menstimulus pengembangan potensi secara maksimal. Dari hal tersebut, menjadi sangat penting untuk diperhatikan oleh para pendidik dan pengelola lembaga pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk mampu menyediakan lembaga pendidikan yang dapat menggali pontensi dan meningkatkan kemampuan otak anak. Dalam konteks pendidikan, kurikulum menjadi formulasi pedagogis yang penting. Sebab, di dalam kurikulum akan menjadi jelas terkait seluruh cara yang mampu dilakukan untuk mengarahkan siswa dalam mengembangkan potensi dirinya. Islamic Montessori sebagai salah satu jawaban dalam mendidik anak usia dini secara efektif, menggabungkan dua kurikulum, yaitu kurikulum Montessori dan kurikulum Pendidikan agama islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses implementasi kurikulum berbasis Islamic Montessori di KBTK Rona Montessori. penelitian ini menggunakan Metode kualitatif deskriptif dengan menerapkan proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Sekolah KB/TK Rona Montessori telah melaksanakan proses Implementasi kurikulum Islamic Montessori baik dari proses perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Curriculum Implementation, Islamic Montessori
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 04 Jun 2024 02:27
Last Modified: 04 Jun 2024 02:27
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45938

Actions (login required)

View Item
View Item