GANJAR PRANOWO'S POLITICAL MARKETING STRATEGY IN THE 2024 ELECTION THROUGH TWITTER AND INSTAGRAM

AWANG RAJAPRAKOSO PURNOMO (2024) GANJAR PRANOWO'S POLITICAL MARKETING STRATEGY IN THE 2024 ELECTION THROUGH TWITTER AND INSTAGRAM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji strategi pemasaran politik Ganjar Pranowo pada Pemilu 2024 menggunakan Twitter dan Instagram. Media sosial memungkinkan interaksi antara komunikator dan konstituen, memungkinkan mereka berpartisipasi dalam wacana politik dan mempengaruhi keputusan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, menganalisis data dari catatan, publikasi, dan sumber internet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Ganjar Pranowo meliputi segmentasi, penargetan, positioning, dan strategi kampanye. Sasarannya menyasar Generasi Z, Milenial, dan daerah dengan elektabilitas tinggi. Positioning Pranowo berfokus pada keakraban, keberanian, dan kemudahan didekati, sedangkan strategi kampanyenya mencakup Dorong, Tarik, dan Lulus. Penelitian ini merekomendasikan penguatan citra politik, inovasi komunikasi kampanye, kolaborasi dengan pihak eksternal, dan pelaksanaan kampanye berbasis data untuk meningkatkan efektivitas Pranowo dan dukungan pemilih.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Political Marketing Strategy, Ganjar Pranowo, General Election, Twitter, Instagram
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 08 Jun 2024 02:47
Last Modified: 08 Jun 2024 02:47
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45994

Actions (login required)

View Item
View Item