Dwi Arianto (2021) Nialai-Nilai Pendidikan Islam dalam Kisah Nabi Ibrahim Mencari Tuhan pada QS. Al-An'am ayat 74-83 (Studi Komparasi Tafsir Al-Azhar dan Al-Mishbah). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (253kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (328kB)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (475kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (793kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (177kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (321kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (402kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (145kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (890kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam kisah Nabi Ibrahim mencari Tuhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer berupa kitab Tafsir Al-Azhar dan Al-Mishbah dan sekunder berupa kitab, buku, jurnal, artikel yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data meggunakan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan metode komparasi dan analisis wacana dan penafsiran teks. Hasil penelitian: Penafsiran Hamka dan M. Qurais Shihab dalam kisah Nabi Ibrahim mencari Tuhan terdapat sikap Nabi Ibrahim yang rasional dan kritis. Melalui penafsiran tersebut terdapat beberapa nilai pendidikan Islam. Pertama, nilai pendidikan akidah yang terbagi dalam pendidikan tauhid ulu>hiyah, rubu>biyah dan asma>’ wa sifa>t. Kedua, nilai pendidikan Ibadah. Ketiga, nilai pendidikan muamalah. Keempat, nilai pendidikan akhlak. Nilai-nilai pendidikan Islam dalam kisah Nabi Ibrahim mencari Tuhan dapat diimplikasikan dalam praktik pendidikan Islam untuk memperbaiki dan memberi masukan terhadap sistem pendidikan Islam. Terdapat perbedaan dan persamaan penafsiran. Perbedaan dan persamaan terletak pada corak penafsiran, sehingga menghasilkan perbedaan dan persamaan pemaknaan arti kata.
Kata Kunci: nilai pendidikan Islam, kisah Nabi Ibrahim
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 02:36 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 02:36 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4600 |