WILLY PAUZAN ALFI (2024) PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU PAI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA AL-KAUTSAR PARUNGPANJANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (726kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (220kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (339kB)
Bab I.pdf
Download (452kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (530kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (491kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (733kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (224kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (459kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (223kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Komunikasi interpersonal dapat diasumsikan sebagai metode komunikasi yang paling efektif dalam peningkatan motivasi belajar bagi peserta didik. Oleh karena itu, pentingnya komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh guru salah satunya yaitu menjadi motivator dan dapat memahami kesulitan belajar yang dirasakan oleh peserta didik yang bertujuan untuk memberikan semangat dan dukungan belajar agar tercapainya tujuan dan dapat menjadikan peserta didik yang berprestasi akademik maupun non akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal guru PAI terhadap motivasi belajar siswa di SMA Al-Kautsar Parungpanjang. Penelitian ini dilakukan di SMA Al-Kautsar Parungpanjang Kab. Bogor. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif korelasional. Sampel penelitian ini adalah berjumlah 92 siswa, yang diambil dari kelas X 32 siswa, kelas XI 30 siswa, kelas XII 30 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedatisitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhanan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa persamaan regresi linear sederhana coefficients, t hitung komunikasi interpersonal guru PAI, adalah 12.872. dengan derajat bebas (df) = N-2 = 92-2 = 90 dari tabel t ditemukan t tabel sebesar 1.666. Setelah dilakukan penelitian bahwa hasil dari uji hipotesis menunjukan bahwa t hitung (12.872) > t tabel (1.666) dan nilai f dari hasil uji hipotesis nilai sig (0,00 > 0,05 ). Maka ha diterima dan ho ditolak, artinya ada pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal guru PAI terhadap motivasi belajar siswa di SMA Al-Kautsar Parungpanjang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interpersonal Communication, Students learning motivation. |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 05:50 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 05:50 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46045 |