MUHAMAD RIDHO ALFARIZI (2024) ANALISIS PENGARUH PERAN GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (280kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (506kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (34kB)
Bab I.pdf
Download (99kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (213kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (166kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (371kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (33kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (168kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (227kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Media pembelajaran adalah salah satu alat yang bisa membantu dalam proses kegiatan pembelajaran yang berfungsi untuk menyampaikan materi dengan cara yang lebih modern dan siswa bisa lebih jelas menangkap materi agar pembelajaran dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Pada dasarnya, media pembelajaran bisa memberi pengaruh terhadap semangat atau motivasi belajar siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2, XI MIPA 3, dan XI IPS 2 yang berjumlah 76 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan Angket, dan Dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji linearitas, dan uji regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah pemanfaatan media pembelajaran interaktif di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School termasuk kategori sedang, motivasi belajar siswa di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School termasuk kategori sedang, penelitian ini menemukan adanya pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran interaktif terhadap motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Media, Student Learning Motivation |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 03:46 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 03:46 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46075 |