PERANCANGAN UI/UX APLIKASI INVENTARISASI SARANA DAN PRASARANA SMPN 5 REJANG LEBONG PROVINSI BENGKULU

SATRIA WIRABUANA MAHARDHIKA (2024) PERANCANGAN UI/UX APLIKASI INVENTARISASI SARANA DAN PRASARANA SMPN 5 REJANG LEBONG PROVINSI BENGKULU. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (20kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sarana dan prasarana adalah aset penting yang dimiliki oleh sekolah untuk mendukung proses belajar mengajar. Namun, pengelolaan sarana dan prasarana di SMP Negeri 5 Rejang Lebong Provinsi Bengkulu masih dilakukan secara manual dengan menggunakan buku catatan dan lembar kerja. Hal ini menyebabkan kesulitan dalam pencatatan, pelaporan, dan pengawasan sarana dan prasarana. Penelitian ini bertujuan untuk merancang UI/UX aplikasi inventarisasi sarana dan prasarana SMP Negeri 5 Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.Metode perancangan melibatkan tahapan penelitian pengguna, desain konseptual, perancangan wireframe dan prototype, dan pengujian prototype. Penelitian pengguna dilakukan dengan cara wawancara dan observasi dengan wakil sarana dan prasarana untuk memahami kebutuhan pengguna dalam pengelolaan inventarisasi. Desain konseptual dilakukan dengan menganalisis hasil penelitian pengguna dengan melibatkan rancangan fitur serta pembuatan information architecture yang memastikan kejelasan dan keterpaduan aplikasi. Perancangan wireframe dan prototype dilakukan dengan menggunakan Figma yang melibatkan pembuatan user flow, wireframe dan prototype. Setelah itu, dilakukan pengujian prototype menggunakan metode usability testing.Hasil uji rancangan dari aplikasi inventarisasi sarana dan prasarana menunjukkan bahwa rancangan aplikasi ini telah sesuai dengan kebutuhan dan preferensi sesuai dengan hasil usability testing yang telah dilakukan. Rancangan aplikasi ini berpotensi dapat menjadi acuan dasar dalam membuat aplikasi yang dapat memudahkan wakil sarana dan prasarana SMPN 5 Rejang Lebong dalam melakukan inventarisasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: UI/UX, Wireframe, Prototype, User Flow, Usability Testing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 05 Jun 2024 07:30
Last Modified: 05 Jun 2024 07:30
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46123

Actions (login required)

View Item
View Item