PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION PADA SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA

DIRA MAIROZA BAHRI (2024) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION PADA SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (482kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Differentiated instruction merupakan pendekatan pembelajaran dengan menyesuaikan pada potensi, minat dan kebutuhan siswa. Peran kepala sekolah dalam menentukan kebijakan pada sekolahnya tentulah sangat penting begitu juga dengan penerapan kebijakan differentiated instruction di sekolah SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengimplementasikan differentiated instruction pada SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode kualitatif deskriptif, yaitu dengan cara peneliti berinteraksi secara langsung dengan kepala sekolah dan guru ISMUBA melalui teknik wawancara dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Data yang diperoleh peneliti kemudian dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan peran kepala sekolah dalam mengimplementasian differentiated instruction berhasil diaplikasikan pada proses pembelajaran di sekolah ini, dan terintegrasi dengan proses pembelajaran dengan kebutuhan siswa. Peran aktif kepala sekolah dalam mengarahkan guru - guru untuk menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan siswa menjadi faktor utama untuk melaksanakan differentiated instruction. Dukungan, dorongan, dan supervisi yang dilakukan kepala sekolah menjadi kunci keberhasilan implementasiannya. Meskipun dihadapi dengan tantangan seperti perubahan pola mengajar dan pengelolaan assesment, namun upaya solutif dengan evaluasi rutin untuk perubahan peningkatan selalu dilakukan. Differentiated instruction berdampak positif bagi siswa dan guru untuk meningkatkan pencapaian tujuan pendidikan. Evaluasi dan supervisi kepala sekolah menegaskan komitmen terhadap keberhasilan differentiated instruction di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Differentiated Instruction, Leadership Role of School Principal
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 05 Jun 2024 07:24
Last Modified: 05 Jun 2024 07:24
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46137

Actions (login required)

View Item
View Item