WULAN (2024) PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (233kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (117kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (39kB)
Bab I.pdf
Download (120kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (412kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (266kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (409kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (38kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (230kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada Mata Pelajaran Tarikh Islam pada kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ice breaking terhadap keaktifan belajar siswa pada Mata Pelajaran Tarikh Islam di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimen, sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Data dikumpulkan dengan observasi, angket dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis secara deskriptif, uji normalitas, uji validitas, uji homogenitas, uji t, uji N-gain, dan analisis hasil observasi. Hasil analisis data penelitian melalui uji t-independent diperoleh nilai sig ,001 yaitu <0,05 maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat dikatakan terdapat perbedaan keaktifan belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data penelitian melalui uji n-gain diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 54,5% sehingga memperoleh kategori efektif. Adapun pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 25,2% yaitu masuk dalam kategori tidak efektif. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan ice breaking untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Tarikh Islam di SMK Muhammadiyah 1 Bantul lebih efektif dibanding pembelajaran Tarikh Islam tanpa penggunaan ice breaking di SMK Muhammadiyah 1 Bantul.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Activeness, Ice Breaking |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 07:22 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 07:22 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46139 |