PENGARUH PENERAPAN METODE COACHING TERHADAP MOTIVASI SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

FITRIA SUZITA INDAH (2024) PENGARUH PENERAPAN METODE COACHING TERHADAP MOTIVASI SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (662kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Motivasi belajar memiliki peran yang penting dalam kesuksesan pendidikan, mendorong siswa untuk lebih berpartisipasi, berusaha keras, dan meraih hasil yang lebih baik. Penelitian ini membahas tentang penerapan metode coaching sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Metode coaching membantu siswa merumuskan tujuan pembelajaran yang konkret, merencanakan langkah-langkah pencapaian, serta mengubah kegagalan menjadi peluang pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimen dengan kelas X RPL 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TBSM 1 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode coaching memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 60,5%, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 8,5%. Dengan demikian, metode coaching tidak hanya meningkatkan motivasi siswa, tetapi juga memperkuat pemahaman mereka terhadap diri sendiri dan tujuan belajar. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode coaching dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan memberikan dampak positif dalam konteks pendidikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Learning Motivation, Coaching, Quasi Eksperimen
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 05 Jun 2024 01:52
Last Modified: 05 Jun 2024 01:52
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46171

Actions (login required)

View Item
View Item