NOVITA PERMATA SARI (2024) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL (STUDI KASUS INSTAGRAM). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (799kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (582kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (37kB)
Bab I.pdf
Download (189kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (437kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (135kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (353kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (39kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (199kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (279kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (397kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi perlindungan hukum terhadap konsumen dalam transaksi jual beli online melalui media sosial, dengan studi kasus pada platform Instagram. Dalam era digital, pertumbuhan jual beli online dan penggunaan media sosial sebagai sarana jual beli telah menciptakan tantangan baru dalam memastikan keamanan dan hak-hak konsumen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis untuk menganalisis kerangka hukum yang mengatur transaksi jual beli online, khususnya di lingkungan media sosial, serta mengevaluasi implementasinya dalam melindungi konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen dalam transaksi jual beli online melalui media sosial, khususnya Instagram mengalami beberapa bentuk kerugian seperti penipuan pembayaran, produk cacat, dan keterlambatan pengiriman. Selain itu, perlindungan hukum terhadap konsumen dalam konteks ini masih perlu diperbaiki. Meskipun ada kerangka hukum yang mengatur transaksi online secara umum, regulasi yang spesifik untuk transaksi melalui media sosial masi terbatas. Penelitian ini juga mengidentifikasi berbagai masalah yang dihadapi konsumen dalam transaksi jual beli online, seperti perbuatan yang merugikan, produk palsu, dan ketidaksesuaian dengan deskripsi. Selain itu, tantangan dalam menegakkan hukum dan menyelesaikan sengketa online juga menjadi perhatian utama. Dalam konteks ini, diperlukan upaya untuk meningkatkan perlindungan hukum bagi konsumen dalam transaksi jual beli online melalui media sosial. Langkah-langkah yang dapat diambil termasuk perumusan regulasi yang Jebih spesifik dan peningkatan kesadaran konsumen akan hak-hak mereka. Selain itu, keria sama antara pemerintah, platform media sosial, dan pihak terkait lainnya juga penting untuk menciptakan lingkungan yang aman dan terpercaya bagi konsumen dalam bertransaksi secara online.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Consumer Protection, law, online buying and selling |
Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 01:59 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 01:59 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46189 |