EFEKTIVITAS PEMANFAATAN DIPLOMASI PUBLIK INDONESIA MELALUI KOREAN WAVE UNTUK PENINGKATAN NATION BRANDING PADA PRODUK KOSMETIK INDONESIA

NISRIINAA FIRDAUS (2024) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN DIPLOMASI PUBLIK INDONESIA MELALUI KOREAN WAVE UNTUK PENINGKATAN NATION BRANDING PADA PRODUK KOSMETIK INDONESIA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (472kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini menganalisa fenomena Korean Wave sebagai strategi diplomasi soft power Korea Selatan digunakan oleh perusahaan kosmetik di Indonesia (Somethinc dan Sacrlett) melalui pemanfaatan Korean Idol sebagai Brand Ambassador untuk meningkatkan Nation Branding-nya dengan pendekatan diplomasi publik Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif pemanfaatan diplomasi publik Indonesia melalui Korean Wave, yang mana Korean Idol-nya dijadikan Brand Ambassador, dapat meningkatkan nation branding dari produk kosmetik Indonesia. Teori yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah teori diplomasi publik. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa teknik dokumentasi. Selanjutnya data penelitian yang diperoleh diolah menggunakan teknik analisa interaktif. Fokus penelitian dan hasil pembahasan terletak pada diplomasi publik Indonesia melalui fenomena Korean Wave dengan menjadikan Korean Idol sebagai Brand Ambassador agar dapat meningkatkan Nation Branding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan Nation Branding pada produk kosmetik Indonesia (Somethinc dan Scarlett) melalui pemanfaatan diplomasi publik Indonesia melalui Korean Wave.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Indonesian Public Diplomacy, Korean Wave, Nation Branding, BrandAmbassador, Indonesian Cosmetic Products
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 05 Jun 2024 07:26
Last Modified: 05 Jun 2024 07:26
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46222

Actions (login required)

View Item
View Item