SAYYIDA NAFISA (2024) GAMBARAN PERSEPSI GURU TERHADAP FENOMENA ADIKSI GADGET PADA SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PROSES TUMBUH KEMBANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (267kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (177kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (147kB)
Bab I.pdf
Download (154kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (238kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (151kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (954kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (119kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (194kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (639kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (591kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Latar Belakang : Perkembangan zaman menyebabkan perubahan yang sangat relevan dengan adanya alat komunikasi canggih berupa gadget. Saat ini, anak-anak usia sekolah sudah diberikan gadget oleh orang tuanya untuk menunjang proses belajar mengajarnya. Namun, penggunaan gadget tidak hanya membantu dalam proses belajar mengajar tetapi dapat menyebabkan kecanduan menggunakan gadget. Hal ini berpotensi mempengaruhi persepsi guru terhadap siswa selama di sekolah.Tujuan : Tujuan penelitian ini untuk menggali persepsi guru terhadap fenomena adiksi gadget pada siswa sekolah dasar dalam proses tumbuh kembang Metode : Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan wawancara mendalam (in depth interview). Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 15 orang.Hasil : Hasil penelitian ini memperoleh 5 tema yaitu perubahan tumbuh kembang siswa, perubahan activity daily living, gadget sebagai alat penunjang kehidupan, pemahaman guru terhadap penggunaan gadget pada siswa, kebijakan penggunaan gadget di sekolah.Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan persepsi guru terhadap penggunaan gadget oleh siswa sekolah dasar bervariasi ada yang setuju dan tidak setuju tergantung cara siswa menggunakannya. Persepsi berbeda ini dipengaruhi oleh dua faktor utama yaitu pemahaman guru muda terhadap gadget dapat mendukung kebutuhan siswa dan pemahaman mendalam guru senior akan dampak negatifnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teachers' perceptions, gadget addiction, students, growth and development |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 03:04 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 03:04 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46270 |