EFEKTIVITAS PEER EDUCATION DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG PENCEGAHAN HIV/AIDS

IDUM LAELA RAHAYU (2024) EFEKTIVITAS PEER EDUCATION DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG PENCEGAHAN HIV/AIDS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (596kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (404kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (985kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Kurangnya informasi terkait pencegahan HIV/AIDS berdampak mudahnya remaja mengalami risiko HIV/AIDS. Peer education merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap agar terhindar dari risiko HIV/AIDS. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas peer education dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja tentang pencegahan HIV/AIDS. Metode: Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen With Intervension and Control Group Pretest Posttest Design. Responden dalam penelitian ini sebanyak 36 remaja yang dibagi menjadi 18 kelompok intervensi dan 18 kelompok kontrol dipilih dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini telah mendapatkan izin etik dengan nomor 030/EC-KEPK FKIK UMY/I/2024. Analisa data dalam penelitian ini yaitu menggunakan Uji Wilcoxone dan Mann-Whitney. Hasil: Hasil uji Wilcoxon menunjukkan terdapat perbedaan pengetahuan terkait pencegahan HIV/AIDS setelah diberikan peer education pada kelompok intervensi dengan p-value 0.002 (p< 0>0,05). Hasil penelitian pada sikap menunjukkan tidak terdapat perbedaan sikap setelah diberikan peer education pada kelompok intervensi dan kontrol yaitu sebesar dengan p-value 1,00 (p>0,05) dan p-value 0.58 (p>0.05). Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan terdapat perbedaan hasil posttest pengetahuan pencegahan HIV/AIDS pada kelompok intervensi dan kontrol dengan p-value sebesar 0,000 (p&lt;0,05), sedangkan pada sikap menunjukkan hasil p-value sebesar 0,036 (p&lt;0,05). Kesimpulan: Peer education efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja tentang pencegahan HIV/AIDS, sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu metode edukasi pencegahan HIV/AIDS.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peer Education, Adolescence, HIV/AIDS Prevention
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 02 Jul 2024 05:54
Last Modified: 02 Jul 2024 05:54
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46316

Actions (login required)

View Item
View Item