IDUM LAELA RAHAYU (2024) EFEKTIVITAS PEER EDUCATION DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG PENCEGAHAN HIV/AIDS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (596kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (258kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (252kB)
Bab I.pdf
Download (404kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (441kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (598kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (468kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (260kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (418kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (985kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Latar Belakang: Kurangnya informasi terkait pencegahan HIV/AIDS berdampak mudahnya remaja mengalami risiko HIV/AIDS. Peer education merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap agar terhindar dari risiko HIV/AIDS. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas peer education dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja tentang pencegahan HIV/AIDS. Metode: Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen With Intervension and Control Group Pretest Posttest Design. Responden dalam penelitian ini sebanyak 36 remaja yang dibagi menjadi 18 kelompok intervensi dan 18 kelompok kontrol dipilih dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini telah mendapatkan izin etik dengan nomor 030/EC-KEPK FKIK UMY/I/2024. Analisa data dalam penelitian ini yaitu menggunakan Uji Wilcoxone dan Mann-Whitney. Hasil: Hasil uji Wilcoxon menunjukkan terdapat perbedaan pengetahuan terkait pencegahan HIV/AIDS setelah diberikan peer education pada kelompok intervensi dengan p-value 0.002 (p< 0>0,05). Hasil penelitian pada sikap menunjukkan tidak terdapat perbedaan sikap setelah diberikan peer education pada kelompok intervensi dan kontrol yaitu sebesar dengan p-value 1,00 (p>0,05) dan p-value 0.58 (p>0.05). Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan terdapat perbedaan hasil posttest pengetahuan pencegahan HIV/AIDS pada kelompok intervensi dan kontrol dengan p-value sebesar 0,000 (p<0,05), sedangkan pada sikap menunjukkan hasil p-value sebesar 0,036 (p<0,05). Kesimpulan: Peer education efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja tentang pencegahan HIV/AIDS, sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu metode edukasi pencegahan HIV/AIDS.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peer Education, Adolescence, HIV/AIDS Prevention |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 05:54 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 05:54 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46316 |