DAFFA NABILA (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA KALIGUA SEBAGAI BENTUK UPAYA OPTIMALISASI POTENSI LOKAL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (306kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (130kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (121kB)
Bab I.pdf
Download (511kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (381kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (39kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (155kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (519kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (449kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Agrowisata Kaligua dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) Jawa Tengah. Sebagai objek wisata yang sudah berdiri sejak tahun 1999, Agrowisata Kaligua belum banyak mengalami penembangan usaha yang signifikan. Pengembangan yang dilakukan pada tahun 2023 hanya berupa penambahan fasilitas pendukung sarana, prasarana, sementara pengembangan yang berupa penambahan produk, peningkatan kualitas SDM dan pelayanan belum banyak dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Pengembangan Agrowisata Kaligua Sebagai Bentuk Optimalisasi Potensi Lokal. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis yaitu dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan penulis ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, analisis matriks SWOT dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis menghasilkan analisis lingkungan internal dan eksternal, identifikasi faktor-faktor strategi internal dan eksternal, empat strategi yaitu: S-O, W-O, S-T, W-T yang di peroleh dari faktor internal dan faktor eksternal lingkungan Agrowisata Kaligua. Dan Program pengembangan Agrowisata Kaligua mempunyai pilihan alternatif strategi yang dibagi menjadi 2 waktu yaitu jangka pendek dan jangka panjang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah di dapat maka kesimpulan dan saran yang tepat dilakukan saat ini, Kekuatan internal utama dalam strategi pengembangan Agrowisata Kaligua adalah komitmennya dalam memberikan pelayanan prima kepada pengunjung. Berdasarkan temuan analisis SWOT yang dilakukan, Agrowisata Kaligua memiliki potensi besar untuk menyempurnakan rencana yang sedang berjalan, dan Pengelola Agrowisata Kaligua harus memprioritaskan peningkatan upaya promosi dengan memanfaatkan kemampuan yang ada, serta Menjalin kemitraan simbiosis dengan pemerintah, penyelenggara pariwisata, dan beragam media massa untuk memfasilitasi kemajuan pariwisata.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Agrotourism, SWOT, Strategy |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 03:20 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 03:20 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46341 |