MELLINDA PUTRI TIARA (2024) PENGARUH EDUKASI KESELAMATAN BERKENDARA BERBASIS SEKOLAH TERHADAP SIKAP KESELAMATAN BERKENDARA PADA REMAJA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (586kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (262kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (54kB)
Bab I.pdf
Download (207kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (277kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (201kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (164kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (120kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (207kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (834kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (457kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Latar Belakang: Kecelakaan lalu lintas merupakan suatu masalah yang sering terjadi di jalan raya dengan jumlah kecelakaan remaja setiap tahunnya mencapai 5.476 kasus. Edukasi keselamatan berkendara berbasis sekolah perlu dilakukan sebagai salah satu cara untuk mengatasi angka kecelakaan yang dialami remaja.Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi keselamatan berkendara berbasis sekolah terhadap sikap keselamatan berkendara pada remaja.Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian yaitu quasi eksperimental. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Penelitian ini telah mendapatkan izin etik dengan nomor: 016/EC-KEPK FKIK UMY/I/2024. Prinsip etik yang digunakan pada penelitian ini yaitu respect to autonomy, anonymity, respect for privacy and confidentiality, justice, beneficence. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan menggunakan 76 sampel dalam penelitian. Instrument yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuisioner dengan uji statistic menggunakan uji beda Wilcoxon.Hasil Penelitian: Pada penelitian ini menunjukan terdapat perbedaan nilai yang signifikan antara pretest dan posttest pada kuisioner sikap yaitu dengan nilai p=0.000 pada Uji beda dengan Wilcoxon Test pada variable sikap. Kesimpulan: Melalui edukasi adanya peningkatan keselamatan berkendara berbasis sekolah terhadap sikap keselamatan berkendara pada remaja.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Driving Safety Attitudes, The Influence Of Education. |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 06 Jul 2024 02:00 |
Last Modified: | 06 Jul 2024 02:00 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46360 |