KECERDASAN EMOSIONAL, DETERMINASI DIRI, KESABARAN DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA SEBAGAI PREDIKTOR SCHOOL WELL-BEING PADA SISWA SMP DI KULON PROGO

HAFIZH ZAIN ABDILLAH (2024) KECERDASAN EMOSIONAL, DETERMINASI DIRI, KESABARAN DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA SEBAGAI PREDIKTOR SCHOOL WELL-BEING PADA SISWA SMP DI KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menguji secara empiris kecerdasan emosional, determinasi diri, kesabaran dan dukungan teman sebaya sebagai prediktor school well-being pada siswa SMP di Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah dengan simple random sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini terdiri dari 479 siswa SMP di Kulon Progo. Pengumpulan data menggunakan kuesioner berbentuk skala kecerdasan emosional, determinasi diri, kesabaran, dukungan teman sebaya dan skala school well-being. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SEM Lisrel dengan aplikasi Lisrel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Kecerdasan emosional, determinasi diri, kesabaran, dan dukungan teman sebaya dapat berpengaruh terhadap school well-being secara positif dan signifikan pada siswa SMP di Kulon Progo dengan nilai R square sebesar 0,62, hal ini berarti variabel kecerdasan emosional, determinasi diri, kesabaran, dan dukungan teman sebaya mampu menjelaskan variabel school well-being sebesar 62% sedangkan sisanya 38% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian. (2). Kecerdasan emosional dapat berpengaruh positif dan signifikan terhadap school well-being. (3). Determinasi diri dapat berpengaruh positif dan signifikan terhadap school well-being. (4). Kesabaran dapat berpengaruh positif dan signifikan terhadap school well-being. (5). Dukungan teman sebaya dapat berpengaruh positif dan signifikan terhadap school well-being. Implikasi penelitian ini adalah siswa SMP di Kulon Progo dapat meningkatkan kecerdasan emosional, determinasi diri, kesabaran, dan dukungan teman sebaya agar school well-being siswa menjadi lebih tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: self-determination, peer support, emotional intelligence, patience, and school well-being
Divisions: Program Doktor > Psikologi Pendidikan Islam S3
Depositing User: Bima
Date Deposited: 06 Jul 2024 01:55
Last Modified: 06 Jul 2024 01:55
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46363

Actions (login required)

View Item
View Item