HAFIZH ZAIN ABDILLAH (2024) KECERDASAN EMOSIONAL, DETERMINASI DIRI, KESABARAN DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA SEBAGAI PREDIKTOR SCHOOL WELL-BEING PADA SISWA SMP DI KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (343kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (135kB)
Bab I.pdf
Download (149kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (385kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (124kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (232kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (36kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (198kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk menguji secara empiris kecerdasan emosional, determinasi diri, kesabaran dan dukungan teman sebaya sebagai prediktor school well-being pada siswa SMP di Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah dengan simple random sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini terdiri dari 479 siswa SMP di Kulon Progo. Pengumpulan data menggunakan kuesioner berbentuk skala kecerdasan emosional, determinasi diri, kesabaran, dukungan teman sebaya dan skala school well-being. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SEM Lisrel dengan aplikasi Lisrel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Kecerdasan emosional, determinasi diri, kesabaran, dan dukungan teman sebaya dapat berpengaruh terhadap school well-being secara positif dan signifikan pada siswa SMP di Kulon Progo dengan nilai R square sebesar 0,62, hal ini berarti variabel kecerdasan emosional, determinasi diri, kesabaran, dan dukungan teman sebaya mampu menjelaskan variabel school well-being sebesar 62% sedangkan sisanya 38% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian. (2). Kecerdasan emosional dapat berpengaruh positif dan signifikan terhadap school well-being. (3). Determinasi diri dapat berpengaruh positif dan signifikan terhadap school well-being. (4). Kesabaran dapat berpengaruh positif dan signifikan terhadap school well-being. (5). Dukungan teman sebaya dapat berpengaruh positif dan signifikan terhadap school well-being. Implikasi penelitian ini adalah siswa SMP di Kulon Progo dapat meningkatkan kecerdasan emosional, determinasi diri, kesabaran, dan dukungan teman sebaya agar school well-being siswa menjadi lebih tinggi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | self-determination, peer support, emotional intelligence, patience, and school well-being |
Divisions: | Program Doktor > Psikologi Pendidikan Islam S3 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 06 Jul 2024 01:55 |
Last Modified: | 06 Jul 2024 01:55 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46363 |