EFEKTIVITAS PEER EDUCATION DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN PADA REMAJA TENTANG MASA PUBERTAS

NABILA GARNIS PRAMESTI (2024) EFEKTIVITAS PEER EDUCATION DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN PADA REMAJA TENTANG MASA PUBERTAS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (659kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (944kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Masa pubertas merupakan masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa. Hal tersebut menjadi masa yang rawan terjadinya penyimpangan karena kurangnya pengetahuan remaja terkait pubertas. Peer education perlu diadakan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang pubertas melalui teman sebaya. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas peer education dalam meningkatkan pengetahuan remaja tentang masa pubertas. Metode: Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental dengan Pretest and Postest Control Group Design. Responden berjumlah 32 remaja terdiri dari 16 kelompok intervensi dan 16 kelompok kontrol dengan teknik simple random sampling. Uji Paired T-Test digunakan untuk melihat perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah intervensi. Sedangkan uji beda dianalisis menggunakan Uji Independent T-Test. Penelitian ini telah mendapatkan izin etik dengan nomor: 030/EC-KEPK FKIK UMY/I/2024. Hasil: Penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan antara nilai pretest-posttest pada kelompok intervensi dengan p-value sebesar 0,001 (p<0,05). Uji Independent T-test menunjukann hasil p-value sebesar 0,009 (p<0,05) yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata posttest antara kelompok intervensi dan kontrol setelah diberikan peer education. Kesimpulan: Peer education efektif dalam meningkatkan pengetahuan pada remaja tentang masa pubertas, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu metode edukasi kesehatan reproduksi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peer Education, Adolescents, Puberty
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 06 Jul 2024 01:21
Last Modified: 06 Jul 2024 01:21
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46375

Actions (login required)

View Item
View Item