NABILA GARNIS PRAMESTI (2024) EFEKTIVITAS PEER EDUCATION DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN PADA REMAJA TENTANG MASA PUBERTAS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (659kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (375kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (300kB)
Bab I.pdf
Download (314kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (328kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (410kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (342kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (251kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (273kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (944kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (631kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Latar Belakang: Masa pubertas merupakan masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa. Hal tersebut menjadi masa yang rawan terjadinya penyimpangan karena kurangnya pengetahuan remaja terkait pubertas. Peer education perlu diadakan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang pubertas melalui teman sebaya. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas peer education dalam meningkatkan pengetahuan remaja tentang masa pubertas. Metode: Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental dengan Pretest and Postest Control Group Design. Responden berjumlah 32 remaja terdiri dari 16 kelompok intervensi dan 16 kelompok kontrol dengan teknik simple random sampling. Uji Paired T-Test digunakan untuk melihat perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah intervensi. Sedangkan uji beda dianalisis menggunakan Uji Independent T-Test. Penelitian ini telah mendapatkan izin etik dengan nomor: 030/EC-KEPK FKIK UMY/I/2024. Hasil: Penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan antara nilai pretest-posttest pada kelompok intervensi dengan p-value sebesar 0,001 (p<0,05). Uji Independent T-test menunjukann hasil p-value sebesar 0,009 (p<0,05) yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata posttest antara kelompok intervensi dan kontrol setelah diberikan peer education. Kesimpulan: Peer education efektif dalam meningkatkan pengetahuan pada remaja tentang masa pubertas, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu metode edukasi kesehatan reproduksi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peer Education, Adolescents, Puberty |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 06 Jul 2024 01:21 |
Last Modified: | 06 Jul 2024 01:21 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46375 |