Dwi Indah Amalia (2021) HUBUNGAN SELF DIRECTED LEARNING READINESS (SDLR) DENGAN HASIL CBT DAN OSCE UJIAN KOMPREHENSIF PADA MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI DI PSPDG FKIK UMY (Studi Kasus Peserta Ujian Komprehensif Periode Oktober 2020). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (682kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (387kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (37kB)
Bab I.pdf
Download (157kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (161kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (156kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (146kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (31kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (99kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (163kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Latar Belakang : Pendidikan kedokteran gigi telah menerapkan metode pembelajaran Student Centered Learning (SCL) yang menuntun mahasiswa mengambil peran aktif untuk belajar secara mandiri sehingga tercipta pembelajaran yang efektif. Salah satu model pembelajaran SCL adalah Self Directed Learning (SDL). Kesiapan dalam pembelajaran mandiri atau Self Directed Learning Readiness (SDLR) merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Tiga komponen yang dinilai dalam SDLR yaitu manajemen diri, kontrol diri, dan keinginan untuk belajar. Beberapa sistem penilaian digunakan untuk mengukur hasil belajar pada mahasiswa pendidikan sarjana dan pendidikan profesi kedokteran maupun kedokteran gigi, diantaranya yaitu Objective Structured Clinical Examination (OSCE) dan Computer-Based Test (CBT).
Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Self Directed Learning Readiness (SDLR) dengan hasil Computer-Based Test (CBT) dan Objective Structured Clinical Examination (OSCE) pada ujian komprehensif mahasiswa pendidikan profesi di PSPDG FKIK UMY.
Metode Penelitian : Jenis penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain penelitian cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 31 mahasiswa pendidikan profesi PSPDG FKIK UMY yang mengikuti ujian komprehensif periode Oktober 2020. Mahasiswa mengisi kuesioner Self Directed Learning Readiness Scale (SDLRS) yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Peneliti mengumpulkan data sekunder berupa nilai CBT dan OSCE ujian komprehensif. Data SDLR dengan hasil CBT dan OSCE ujian komprehensif diolah menggunakan uji korelasi Pearson.
Hasil Penelitian : Uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk menunjukkan nilai signifikansi variabel bebas dan variabel terikat >0.05, maka dapat dinyatakan bahwa kedua variabel berdistribusi normal. Uji korelasi antara SDLR dengan CBT dan OSCE menggunakan Pearson menunjukkan hubungan positif dengan nilai signifikansi p-value < 0>
Kesimpulan : Terdapat hubungan yang kuat antara SDLR dengan CBT dan hubungan yang sedang antara SDLR dengan OSCE pada ujian komprehensif mahasiswa pendidikan profesi di PSPDG FKIK UMY.
Kata Kunci : kesiapan belajar mandiri, CBT, OSCE, pendidikan profesi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 18 Dec 2021 03:02 |
Last Modified: | 18 Dec 2021 03:02 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4638 |