ANISTIA YUSHIFA RIZKI (2024) STRATEGI DINAS PERDAGANGAN, KOPERASI, USAHA KECIL DAN MENENGAH KABUPATEN CILACAP DALAM MEMPROMOSIKAN "UMKM CILACAP FEST 2022". S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (585kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (211kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (59kB)
Bab I.pdf
Download (456kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (109kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (70kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (95kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (100kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (399kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Dalam upaya memulihkan perekonomian di Cilacap pasca pandemi Covid-19, terutama pada sektor UMKM, Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DPKUKM) Kabupaten Cilacap telah bekerja sama dengan Asosiasi UMKM Cilacap untuk pertama kalinya mengadakan sebuah acara untuk masyarakat sekitar, khususnya bagi para pelaku UMKM. Acara tersebut adalah UMKM Cilacap Fest 2022 yang diselenggarakan di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), dengan tujuan untuk menghidupkan kembali perekonomian yang sempat mengalami penurunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami strategi Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Kabupaten Cilacap dalam mempromosikan UMKM Cilacap Fest 2022. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa target UMKM Cilacap Fest mencakup seluruh individu, termasuk warga lokal dan non-lokal di Kabupaten Cilacap, dengan penggunaan komunikasi personal dan non-personal. DPKUKM Kabupaten Cilacap menggunakan lima bauran promosi, yaitu advertising, personal selling, sales promotion, public relations, direct selling dan satu bauran baru, yaitu informasi dari mulut ke mulut. Namun, terdapat kekurangan dalam diversifikasi media promosi, khususnya dalam memanfaatkan platform digital yang sedang populer di kalangan target audiens, seperti Twitter dan TikTok. Begitu juga dengan kolaborasi bersama influencer.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Promotion Strategy, DPKUKM Cilacap Regency, MSME Cilacap Fest 2022 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 06:48 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 06:48 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46453 |