FIRA DESTINA WAHYU MURTI (2024) PERSEPSI PASIEN TERHADAP NURSING BRAND IMAGE DALAM PEMBERIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI PKU MUHAMMADIYAH GAMPING. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (647kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (294kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (196kB)
Bab I.pdf
Download (197kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (104kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (149kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (350kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (45kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (223kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (593kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (593kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pendahuluan: Perawat menjadi tenaga kesehatan yang paling sering bertemu dengan pasien karena bertugas memberikan asuhan keperawatan selama 24 jam. Hal ini mengakibatkan pasien menjadi lebih memiliki persepsi atau penilaian tersendiri terhadap profesi perawat. Pasien akan cenderung mempersepsikan positif jika pelayanan yang diberikan perawat baik dan memuaskan, dan sebaliknya. Tujuan Penelitian: Untuk mengeskplorasi persepsi pasien terhadap nursing brand image dalam memberikan asuhan keperawatan di PKU Muhammadiyah Gamping. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik dalam pemilihan partisipan menggunakan purposive sampling dengan wawancara mendalam (in-depth interview). Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang. Hasil: Penelitian ini menghasilkan 5 tema besar yaitu: 1) Tugas dan Tanggungjawab Perawat; 2) Persepsi Positif tentang Perawat; 3) Karakter Positif Perawat; 4) Persepsi Negatif tentang Perawat; dan 5) Harapan bagi Perawat. Kesimpulan: Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa persepsi pasien terhadap nursing brand image dalam memberikan asuhan keperawatan di PKU Muhammadiyah Gamping menghasilkan dua persepsi yaitu persepsi positif dan persepsi negatif, namun mayoritas memiliki persepsi positif terhadap profesi perawat. Pasien juga memiliki harapan terhadap perawat yang dapat digunakan sebagai acuan perawat untuk meningkatkan skill dan kemampuannya.
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perception, patient, Nursing Brand Image, nurse. |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 07:47 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 07:47 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46472 |