JULI MAINI SITEPU (2024) PENGARUH KOMUNIKASI KELUARGA, DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KOMPETENSI SOSIAL MELALUI MEDIATOR SELF ESTEEM PADA SISWA FULLDAY SCHOOL DI SMP MUHAMMADIYAH KOTA MEDAN. S3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (308kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (375kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (35kB)
Bab I.pdf
Download (223kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (566kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (267kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (50kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (178kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (292kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Kompetensi sosial berperan penting bagi perkembangan remaja secara keseluruhan dan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh komunikasi keluarga, dukungan teman sebaya dan kecerdasan emosional terhadap kompetensi sosial melalui mediator Self esteem pada siswa Fullday school di SMP Muhammadiyah Kota Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala kompetensi sosial, komunikasi keluarga, dukungan teman sebaya, kecerdasan emosional dan skala Self esteem. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa-siswi yang bersekolah di SMP Muhammadiyah program Fullday school. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sensus, dimana seluruh populasi dijadikan sampel yang berjumlah 700 orang. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), dengan bantuan program komputer software AMOS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) komunikasi keluarga memiliki pengaruh 19,4% terhadap kompetensi sosial, (2) dukungan teman sebaya memiliki pengaruh 20,4% terhadap kompetensi sosial, (3) kecerdasan emosional memiliki pengaruh 18,8% terhadap kompetensi sosial, (4) Self esteem memiliki pengaruh 40,3% terhadap kompetensi sosial, (5) komunikasi keluarga memiliki pengaruh 43% erhadap Self esteem, (6) dukungan teman sebaya memiliki pengaruh 26,5% terhadap Self esteem, (7) kecerdasan emosional memiliki pengaruh 21,4% terhadap Self esteem, (8) komunikasi keluarga melalui Self esteem memiliki pengaruh 17,7% terhadap kommpetensi sosial, (9) dukungan teman sebaya melalui Self esteem memiliki pengaruh 10,7% terhadap kompetensi sosial, (10) kecerdasan emosional melalui Self esteem memiliki pengaruh 8,6% terhadap kompetensi sosial. implikasi penelitian ini adalah siswa Fullday school di SMP Muhammadiyah Kota Medan dapat meningkatkan komunikasi dengan keluarga, dukungan teman sebaya, kecerdasan emosional dan Self esteem agar kompetensi sosial menjadi lebih tinggi.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Competence, Family Communication, Peer Support, Emotional Intelligence, Self esteem |
Divisions: | Program Doktor > Psikologi Pendidikan Islam S3 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 07:08 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 07:08 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46581 |