Egha Sukmana (2021) PEMANFAATAN INTERNET DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (559kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (117kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
Bab I.pdf
Download (126kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (424kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (331kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (114kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (189kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (610kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Pemanfaatan internet dalam pembelajaran Agama Islam telah dilakukan di beberapa sekolah menengah atas, diantaranya adalah di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Namun demikian belum diketahui bagaimana model pemanfaatan internet di sekolah tersebut dan apakah internet dapat digunakan menjadi sarana yang efektif dalam pembelajarn Agama Islam di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat internet dalam pembelajaran Agama Islam di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, termasuk efektivitasnya, serta faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Pendekatan yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dan wawancara terhadap beberapa nara sumber yang terdiri atas guru dan siswa sebagai pelaku dalam pembelajaran Agaam Islam dengan memanfaatkan internet di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa, sebagaimana disampaikan oleh nara sumber, pemanfaatan internet di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta pada mata pelajaran Agama Islam dapat dilakukan secara lancar. Mereke menilai bahwa pemanfaatan internet mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran. Faktor pendukungya adalah ketersediaan jaringan internet dengan kecepatan yang para nara sumber nilai cukup untuk melangsungkan pembelajaran secara online, serta didukung oleh keaktifan guru dan siswa. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kondisi perekonomian yang diakibatkan oleh Pandemi Covid-19 sehingga menyebabkan siswa atau orang tuanya merasa berat dalam menyediakan sarana prasarana guna menunjang pemanfaatan internet dan kondisi sinyal yang tidak stabil.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 18 Dec 2021 02:57 |
Last Modified: | 18 Dec 2021 02:57 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4660 |