MUHAMMAD LUKMAN HAKIM (2024) PROMOSI DIGITAL WEDDING EVENT MELALUI INSTAGRAM OLEHHOTEL HORAIOS MALIOBORO SELAMA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (810kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (36kB)
Bab I.pdf
Download (259kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (651kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (246kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (80kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (15kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (96kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (693kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pandemi menyebabkan dampak negatif bagi bidang pariwisata, namun berbanding terbalik dari segi popularitas media sosial. Hotel Horaios Malioboro Yogyakarta merupakan salah satu hotel yang merasakan penurunan occupancy hotel, yang mengharuskan manajemen untuk beradaptasi dan berinovasi agar hotel tetap dapat bertahan dalam upaya meningkatkan omzet penjualan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui promosi digital yang dilakukan untuk mempromosikan wedding event Hotel Horaios Malioboro. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, studi literatur dan dokumentasi.Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa strategi promosi yang dilakukan oleh Hotel Horaios Malioboro Yogyakarta melalui Instagram disebabkan oleh peralihan kegiatan yang biasanya dilakukan promosi melalui KOL influencer. Hotel Horaios Malioboro menjalankan tahapan strategi promosi efektif melalui Instagram yaitu dimulai dari penetapan target audiens, mengidentifikasi pola perilaku dari audiens dengan riset menyebar kuisioner melalui Google Form, dilanjutkan dengan penentuan tujuan promosi digital untuk meningkatkan penjualan, company branding serta sarana informasi, merancang isi pesan yang disampaikan seperti informasi sertifikasi CHSE, informasi setiap fasilitas, perbandingan harga serta contact person yang tertera. Pemilihan Instagram sebagai saluran komunikasi yang efisien dan mudah digunakan untuk mendapatkan informasi. Penetapan anggaran dialokasikan untuk promosi di Instagram Ads serta penentuan bauran komunikasi yang dilakukan pihak public relations, sales promotion dan advertising dengan followers. Tahap pelaksanaan menciptakan awareness pada setiap konten selalu ada logo Horaios, pola update apabila ada materi promosi yang perlu diunggah, penentuan penulisan caption disertai hastag serta highlight dan interaksi yang baik antara komunikan dengan komunikator. Tahap evaluasi dilakukan dengan internal marketing dan PR Hotel Horaios Malioboro saja dengan melihat insight Instagram, belum diarahkan kepada followers ataupun non followers Instagram yang terpapar IG Ads dan pernah melangsungkan pernikahan di Horaios selama pandemi 2021.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital promotion, Instagram, Hotel Horaios Malioboro, Pandemic,CHSE, Public Relations, Sales Promotion, Advertising |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 02:59 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 02:59 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46618 |