Oktiana Nur Aryani (2021) Efektivitas Penggunaan Metode Qira'ati Dan Ummi Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Pada Siswa Di MI Muhammadiyah Sipedang. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (32MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (293kB)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (337kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (738kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (490kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (609kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (431kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (436kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (404kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Qira’ati dan metode Ummi dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa MI Muhammadiyah Sipedang, dan untuk mengetahui perbandingan efektivitas antara metode Qira’ati dan metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an. Penelitiann ini menggunakan pendekatan kuantitatif non eksperimental dan untuk memperkuat data peneliti menggunakan model komperatif dengan melakukan wawancara. Pengambilan sampel dengan teknik Stratified-cluster random sampling yaitu 84 peserta didik yang sedang belajar di kelas 4, 5, dan 6. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui; tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, dilakukan analisis data dengan langkahlangkah analisis pendahuluan, uji t-test, dan analisis lanjutan. Hasil penelitian menunjukan bahwa; proses pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Qira’ati dan metode Ummi yaitu terdiri dari tahap pembukaan, kegiatan inti, evaluasi, dan diakhiri dengan penutup. Pengukuran efektivitas kedua metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan data kuantitatif dan memperkuat data menggunakan tekhnik wawancara yang meliputi aspek tugas dan fungsi, aspek perencanaan dan program, aspek ketentuan dan aturan, serta aspek tujuan dan kondisi ideal. Data kuantitatif hasil tes lisan kemampuan baca Al-Qur’an dianalisis dengan kuantitatif deskriptif serta uji t-test. Rata-rata nilai kemampuan baca Al-Qur’an dengan metode Qira’ati lebih tinggi dengan nilai sebesar 77,95 dibandingkan dengan ratarata nilai kemampuan baca Al-Qur’an dengan metode Ummi yaitu dengan nilai 72,71. Sedangkan signifikasi uji t-test yang didapatkan sebesar 0,005. Hasil tersebut berdasarkan dengan aturan penyimpulannya, maka 0,005 ≤ 0,01 yang menunjukkan bahwa perbedaan antara kedua metode dinyatakan sangat signifikan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 18 Dec 2021 02:56 |
Last Modified: | 18 Dec 2021 02:56 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4663 |