Efektivitas Penggunaan Metode Qira'ati Dan Ummi Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Pada Siswa Di MI Muhammadiyah Sipedang

Oktiana Nur Aryani (2021) Efektivitas Penggunaan Metode Qira'ati Dan Ummi Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Pada Siswa Di MI Muhammadiyah Sipedang. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Qira’ati dan metode Ummi dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa MI Muhammadiyah Sipedang, dan untuk mengetahui perbandingan efektivitas antara metode Qira’ati dan metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an. Penelitiann ini menggunakan pendekatan kuantitatif non eksperimental dan untuk memperkuat data peneliti menggunakan model komperatif dengan melakukan wawancara. Pengambilan sampel dengan teknik Stratified-cluster random sampling yaitu 84 peserta didik yang sedang belajar di kelas 4, 5, dan 6. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui; tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, dilakukan analisis data dengan langkahlangkah analisis pendahuluan, uji t-test, dan analisis lanjutan. Hasil penelitian menunjukan bahwa; proses pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Qira’ati dan metode Ummi yaitu terdiri dari tahap pembukaan, kegiatan inti, evaluasi, dan diakhiri dengan penutup. Pengukuran efektivitas kedua metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan data kuantitatif dan memperkuat data menggunakan tekhnik wawancara yang meliputi aspek tugas dan fungsi, aspek perencanaan dan program, aspek ketentuan dan aturan, serta aspek tujuan dan kondisi ideal. Data kuantitatif hasil tes lisan kemampuan baca Al-Qur’an dianalisis dengan kuantitatif deskriptif serta uji t-test. Rata-rata nilai kemampuan baca Al-Qur’an dengan metode Qira’ati lebih tinggi dengan nilai sebesar 77,95 dibandingkan dengan ratarata nilai kemampuan baca Al-Qur’an dengan metode Ummi yaitu dengan nilai 72,71. Sedangkan signifikasi uji t-test yang didapatkan sebesar 0,005. Hasil tersebut berdasarkan dengan aturan penyimpulannya, maka 0,005 ≤ 0,01 yang menunjukkan bahwa perbedaan antara kedua metode dinyatakan sangat signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 18 Dec 2021 02:56
Last Modified: 18 Dec 2021 02:56
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4663

Actions (login required)

View Item
View Item