PENGARUH LITERASI DIGITAL, LITERASI KEUANGAN, DAN INOVASI PRODUK TERHADAP OMZET USAHA MIKRO DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

SHAFA LUTHFIYYAH (2024) PENGARUH LITERASI DIGITAL, LITERASI KEUANGAN, DAN INOVASI PRODUK TERHADAP OMZET USAHA MIKRO DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Usaha mikro memiliki permasalahan kurangnya pengetahuan mengenai
pemasaran produk dan pengelolaan modal yang berdampak pada omzet usaha
bisnis yang dijalani. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh literasi digital, literasi keuangan, dan inovasi produk terhadap omzet
usaha mikro di Daerah Istimewa Yogyakarta. Studi ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan jenis data primer menggunakan objek penelitian para usaha
mikro di Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini dengan menyebarkan kuesioner kepada para usaha mikro di Daerah Istimewa
Yogyakarta dengan mendapatkan 371 responden melalui google forms. Alat ukur
kuesioner menggunakan skala likert. Teknik pengambilan sampel menggunakan
Simple Random Sampling. Pada tahap analisis menggunakan aplikasi alat SPSS 21
dengan dilakukannya analisis deskriptif, uji validitas dan reabilitas, uji normalitas,
uji regresi linear berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Hasil dari
uji simultan dan parsial menunjukkan variabel literasi digital, literasi keuangan, dan
inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel omzet.
Berdasarkan analisis persamaan linier berganda Y= 0,274X1+ 0,253X2+ 0,160X3
juga menunjukkan bahwa variabel literasi digital (X1), literasi keuangan (X2), dan
inovasi produk (X3) berpengaruh positif signifikan terhadap variabel omzet (Y)
usaha mikro di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil dari koefisien determinasi yaitu
sebesar 19,6% dengan arti variabel literasi digital, literasi keuangan, dan inovasi
produk secara bersama–sama mempengaruhi variabel omzet sebesar 19.6% sisanya
sebesar 80.4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model
penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya pengaruh dari
literasi digital, literasi keuangan, dan inovasi produk terhadap omzet usaha mikro
di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Digital literacy, financial literacy, product innovation, micro business turnover
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:00
Last Modified: 02 Aug 2024 08:00
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46652

Actions (login required)

View Item
View Item