DINTA KHARISMA ALMEIRA (2024) PERBANDINGAN BRANDING WISATA HALAL OLEH PEMERINTAH, NAHDLATUL ULAMA, DAN MUHAMMADIYAH. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (749kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (380kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pariwisata halal telah menjadi tren global di era sekarang. Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, Indonesia seharusnya bersaing di panggung internasional untuk membangun citranya sebagai negara terbaik di sektor pariwisata halal. Dengan pemikiran ini, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi nation branding yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dan organisasi Islam, yaitu Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama, dengan harapan dapat merevitalisasi industri pariwisata halal di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-analitis dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melibatkan studi terhadap buku, jurnal, dan situs web resmi untuk menganalisis data yang berkaitan dengan strategi nation branding yang diterapkan. Hasil penelitian ini mengungkapkan strategi yang diimplementasikan oleh pemerintah, Nahdlatul Ulama, dan Muhammadiyah di tiga sektor: makanan, hotel, dan destinasi halal. Di antara ketiga sektor tersebut, ditemukan bahwa pemerintah adalah aktor yang memberikan upaya lebih besar untuk meningkatkan nation branding Indonesia melalui situs web resminya, diikuti oleh Nahdlatul Ulama dan terakhir, Muhammadiyah. Dengan demikian, diharapkan upaya-upaya ini akan berkontribusi pada peningkatan nation branding Indonesia sebagai destinasi pariwisata halal terbaik.
Dosen Pembimbing: | Surwandono, Dr., S.Sos., M.Si. | NIDN0502057101 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S2) |
Uncontrolled Keywords: | Halal Tourism, Nation Branding, Government of Indonesia, Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Hubungan Internasional |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 06:39 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 06:39 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46676 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |