PERBANDINGAN BRANDING WISATA HALAL OLEH PEMERINTAH, NAHDLATUL ULAMA, DAN MUHAMMADIYAH

DINTA KHARISMA ALMEIRA (2024) PERBANDINGAN BRANDING WISATA HALAL OLEH PEMERINTAH, NAHDLATUL ULAMA, DAN MUHAMMADIYAH. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (749kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pariwisata halal telah menjadi tren global di era sekarang. Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, Indonesia seharusnya bersaing di panggung internasional untuk membangun citranya sebagai negara terbaik di sektor pariwisata halal. Dengan pemikiran ini, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi nation branding yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dan organisasi Islam, yaitu Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama, dengan harapan dapat merevitalisasi industri pariwisata halal di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-analitis dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melibatkan studi terhadap buku, jurnal, dan situs web resmi untuk menganalisis data yang berkaitan dengan strategi nation branding yang diterapkan. Hasil penelitian ini mengungkapkan strategi yang diimplementasikan oleh pemerintah, Nahdlatul Ulama, dan Muhammadiyah di tiga sektor: makanan, hotel, dan destinasi halal. Di antara ketiga sektor tersebut, ditemukan bahwa pemerintah adalah aktor yang memberikan upaya lebih besar untuk meningkatkan nation branding Indonesia melalui situs web resminya, diikuti oleh Nahdlatul Ulama dan terakhir, Muhammadiyah. Dengan demikian, diharapkan upaya-upaya ini akan berkontribusi pada peningkatan nation branding Indonesia sebagai destinasi pariwisata halal terbaik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Halal Tourism, Nation Branding, Government of Indonesia, Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Hubungan Internasional S2
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 29 Jul 2024 06:39
Last Modified: 29 Jul 2024 06:39
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46676

Actions (login required)

View Item
View Item