PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP REBRANDING WISATA WADUK SERMO MENJADI DANAU SERMO

LISTIYARINI (2024) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP REBRANDING WISATA WADUK SERMO MENJADI DANAU SERMO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (494kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (557kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan beragam pariwisata yang dapat dikunjungi, baik wisata alam maupun budayanya. Pariwisata di Indonesia mendapat peringkat ke 32 dari 117 negara dalam Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI), mampu dijadikan sebagai destinasi prioritas untuk dilakukannya investasi. Berbagai kegiatan peningkatan dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat setempat guna meningkatkan wisatanya, termasuk rebranding wisata yang dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Kulon Progo, merubah nama Waduk Sermo menjadi Danau Sermo. Danau Sermo dahulunya memiliki fungsi utama sebagai tempat penampungan air, kini berbagai fungsi dimiliki sehingga nama “waduk” sudah tidak sesuai, maka dilakukan rebranding oleh pemerintah setempat. Penelitian inii membahas mengenai persepsi masyarakat terhadap rebranding wisata Waduk Sermo menjadi Danau Sermo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan metode penelitian studi kasus, dimana data dikumpulkan melalui kata kata, serta gambar, bukan berupa angka. Berdasarkan penelitian ini, ditemukan bahwa informasi mengenai rebranding Danau Sermo tidak sampai menyeluruh kepada masyarakat. Selain itu masyarakat tidak menyetujui adanya rebranding Danau Sermo karena dianggap menghilangkan jejak sejarah yang dimiliki.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Indonesian Tourism, Rebranding, Public perception
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 27 Jul 2024 08:04
Last Modified: 27 Jul 2024 08:04
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46846

Actions (login required)

View Item
View Item