LISTIYARINI (2024) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP REBRANDING WISATA WADUK SERMO MENJADI DANAU SERMO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (494kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (535kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (113kB)
Bab I.pdf
Download (557kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (723kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (200kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (415kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (453kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (880kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Indonesia merupakan negara dengan beragam pariwisata yang dapat dikunjungi, baik wisata alam maupun budayanya. Pariwisata di Indonesia mendapat peringkat ke 32 dari 117 negara dalam Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI), mampu dijadikan sebagai destinasi prioritas untuk dilakukannya investasi. Berbagai kegiatan peningkatan dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat setempat guna meningkatkan wisatanya, termasuk rebranding wisata yang dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Kulon Progo, merubah nama Waduk Sermo menjadi Danau Sermo. Danau Sermo dahulunya memiliki fungsi utama sebagai tempat penampungan air, kini berbagai fungsi dimiliki sehingga nama “waduk” sudah tidak sesuai, maka dilakukan rebranding oleh pemerintah setempat. Penelitian inii membahas mengenai persepsi masyarakat terhadap rebranding wisata Waduk Sermo menjadi Danau Sermo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan metode penelitian studi kasus, dimana data dikumpulkan melalui kata kata, serta gambar, bukan berupa angka. Berdasarkan penelitian ini, ditemukan bahwa informasi mengenai rebranding Danau Sermo tidak sampai menyeluruh kepada masyarakat. Selain itu masyarakat tidak menyetujui adanya rebranding Danau Sermo karena dianggap menghilangkan jejak sejarah yang dimiliki.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Indonesian Tourism, Rebranding, Public perception |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 27 Jul 2024 08:04 |
Last Modified: | 27 Jul 2024 08:04 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46846 |