ROBBY MUHAMMAD ABROR (2024) THE EFFECT OF CELEBRITY FELICIA ANGELISTA ON TIKTOK LIVE STREAMING TREND ON SCARLET PRODUCT PURCHASING DECISIONS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (598kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (804kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (47kB)
Bab I.pdf
Download (264kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (693kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (228kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (73kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (144kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Latar Belakang Penelitian: Di era ini masyarakat dapat berbelanja melalui toko TikTok yang merupakan platform social commerce terpopuler. Berdasarkan hal tersebut, brand produk perawatan kecantikan Scarlett Whitening memanfaatkan platform ini untuk penjualannya. Keterlibatan selebriti dalam penjualan juga meningkatkan minat pasar. Selebriti seperti Felicya Angelista yang juga pemiliknya kerap berkontribusi sebagai live streamer. Permasalahan Penelitian. Penelitian ini berfokus pada analisis pengaruh interaksi media sosial melalui live streaming TikTok terhadap interaksi parasosial, menjembatani kredibilitas merek khususnya Scarlett Whitening, dan keterlibatan selebriti Felicya Angelista sebagai live streamer terhadap keputusan pembelian merek. Metodologi: Responden adalah mereka yang memiliki pengalaman membeli produk Scarlett Whitening melalui TikTok Shop pada saat live streaming Felicya Angelista. Penelitian ini menggunakan software SmartPLS 3.0 untuk Structural Equation Modeling (SEM) berdasarkan analisis statistik Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil: Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penjualan yang melibatkan selebriti dapat meningkatkan interaksi parasosial melalui interaksi di Live TikTok sehingga mempengaruhi keputusan pembelian. Namun kredibilitas merek tetap memiliki pengaruh yang lebih kuat terhadap keputusan pembelian.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Parasocial interaction, social media interaction, celebrity attachment, brand credibility, purchase decision |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 27 Jul 2024 07:52 |
Last Modified: | 27 Jul 2024 07:52 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46855 |