WIDYA MASITAH (2024) PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS, DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN KONSEP DIRI TERHADAP LITERASI MORAL MELALUI MEDIATOR RELIGIUSITAS PADA REMAJA DI SMP MUHAMMADIYAH KOTA MEDAN. S3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (487kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (337kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
Bab I.pdf
Download (209kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (898kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (180kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (842kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (261kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (942kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Saat ini penurunan literasi moral pada remaja kerap terjadi. Upaya kolektif dari keluarga, sekolah, dan masyarakat sangat diperlukan untuk membimbing remaja. Penelitian ini mengeksplorasi dampak pola asuh demokratis, dukungan teman sebaya, dan konsep diri terhadap literasi moral dengan religiusitas sebagai mediatornya. Penelitina ini dilakukan pada remaja di SMP Muhammadiyah Kota Medan. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan melalui skala literasi moral, religiusitas, pola asuh demokratis, dukungan teman sebaya, dan konsep diri dari sampel sensus sebanyak 694 siswa. Analisis Structural Equation Modeling (SEM) yang dilakukan dengan software AMOS versi 23 menunjukkan bahwa nilai CR pola asuh demokratis sebesar 6.318, dukungan teman sebaya sebesar 6.680, dan konsep diri sebesar 7.661 masing-masing berpengaruh signifikan dan positif terhadap religiusitas karena semuanya melampaui nilai CR. ambang batas 1,96 dan dengan nilai p 0,000, menunjukkan signifikansi yang tinggi. Demikian pula dengan nilai CR pola asuh demokratis sebesar 5.244, dukungan teman sebaya sebesar 6.891, dan konsep diri sebesar 4.376 ditemukan memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap literasi moral dan nilai p sebesar 0,000. Selain itu, religiusitas sendiri terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi moral, dengan nilai CR sebesar 5,624 dan p-value sebesar 0,000. Temuan-temuan ini menggarisbawahi peran penting pola asuh demokratis, dukungan teman sebaya, konsep diri, dan religiusitas dalam menumbuhkan literasi moral di kalangan remaja. Namun, variable yang paling berpengaruh terhadap literasi moral adalah dukungan teman sebaya.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Democratic Parenting, Peer Support, Self-Concept, Religiosity, Moral Literacy |
Divisions: | Program Doktor > Psikologi Pendidikan Islam S3 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 27 Jul 2024 07:48 |
Last Modified: | 27 Jul 2024 07:48 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46856 |