NADILLA RIZKY TAMARA SIMANGUNSONG (2024) EKSPANSI ALIBABA GROUP DI PASAR E-COMMERCE INDONESIA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (3MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (531kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (796kB)
Bab I.pdf
Download (1MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (400kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (634kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
E-commerce menjadi perang penting dalam dinamika ekonomi global pada era globalisasi. Alibaba Group, sebagai pemain utama dalam E-commerce global, telah melakukan ekspansi strategis ke berbagai pasar di Asia, terutama Indonesia. Penelitian ini menginvestigasi alasan Alibaba Group memilih Indonesia sebagai destinasi utama untuk ekspansi bisnis, dengan fokus pada investasinya di Lazada dan Tokopedia, dua platform Ecommerce terbesar di Asia Tenggara. Dengan menggunakan konsep State/Government Intervention dalam teori ekonomi politik internasional dan teori Foreign Direct Investment (FDI), penelitian ini mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan Alibaba Group untuk berinvestasi secara signifikan di Indonesia. Menggunakan pendekatan kualitatif, studi ini menganalisis data sekunder, untuk mengkaji kebijakan pemerintah Indonesia yang mendukung pertumbuhan E-commerce dan potensi pasar E-commerce di Indonesia. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa alasan Alibaba Group untuk memperluas kegiatan bisnisnya ke Indonesia didorong oleh potensi pasar yang besar, kebijakan pemerintah yang mendukung, dan tujuan strategis untuk mengintegrasikan ekosistem Ecommerce regional. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami strategi perusahaan multinasional di pasar-pasar yang sedang berkembang, khususnya dalam lanskap E-commerce yang dinamis di Indonesia.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-commerce, Alibaba Group, Indonesia, Expansion, Government policy, market potential |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 06:50 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 06:50 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46895 |