EKSPANSI ALIBABA GROUP DI PASAR E-COMMERCE INDONESIA

NADILLA RIZKY TAMARA SIMANGUNSONG (2024) EKSPANSI ALIBABA GROUP DI PASAR E-COMMERCE INDONESIA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

E-commerce menjadi perang penting dalam dinamika ekonomi global pada era globalisasi. Alibaba Group, sebagai pemain utama dalam E-commerce global, telah melakukan ekspansi strategis ke berbagai pasar di Asia, terutama Indonesia. Penelitian ini menginvestigasi alasan Alibaba Group memilih Indonesia sebagai destinasi utama untuk ekspansi bisnis, dengan fokus pada investasinya di Lazada dan Tokopedia, dua platform Ecommerce terbesar di Asia Tenggara. Dengan menggunakan konsep State/Government Intervention dalam teori ekonomi politik internasional dan teori Foreign Direct Investment (FDI), penelitian ini mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan Alibaba Group untuk berinvestasi secara signifikan di Indonesia. Menggunakan pendekatan kualitatif, studi ini menganalisis data sekunder, untuk mengkaji kebijakan pemerintah Indonesia yang mendukung pertumbuhan E-commerce dan potensi pasar E-commerce di Indonesia. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa alasan Alibaba Group untuk memperluas kegiatan bisnisnya ke Indonesia didorong oleh potensi pasar yang besar, kebijakan pemerintah yang mendukung, dan tujuan strategis untuk mengintegrasikan ekosistem Ecommerce regional. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami strategi perusahaan multinasional di pasar-pasar yang sedang berkembang, khususnya dalam lanskap E-commerce yang dinamis di Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-commerce, Alibaba Group, Indonesia, Expansion, Government policy, market potential
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 16 Aug 2024 06:50
Last Modified: 16 Aug 2024 06:50
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46895

Actions (login required)

View Item
View Item