MUHAMMAD FAWWAZ IFTIKAR (2024) PELANGGARAN PENERAPAN LOGO INDOSIAR SEBAGAI SEBUAH ALAT KOMUNIKASI VISUAL TERHADAP CITRA PERUSAHAAN ANALISIS PRINSIP GESTALT: LAW OF SIMILARITY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (220kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (172kB)
Bab I.pdf
Download (450kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (419kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (172kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (177kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (186kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (117kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan logo Indosiar dalam mempertahankan citra perusahaan. Studi ini juga bertujuan untuk melihat apa saja dampak dan upaya Indosiar dalam kasus pelanggaran penerapan logo Indosiar mengenai parodi pada aplikasi TikTok, yang terjadi pada pertengahan tahun 2023. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kredibilitas data yang digunakan dalam penelitian ini melalui penerapan triangulasi, dengan analisis induktif secara deskriptif analitik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Gestalt: Law of Similarity, yang peneliti gunakan untuk melihat kemiripan pada logo yang disalahgunakan. Penelitian ini berhasil menunjukkan bahwa penerapan logo Indosiar diterapkan dengan memperhatikan permintaan pasar, yang secara dinamis berdampak pada diterimanya PT. Indosiar Visual Mandiri Tbk. secara baik oleh masyarakat. Berikutnya PT. Indosiar Visual Mandiri Tbk. berupaya mempertahankan kepercayaan masyarakat, melalui upaya hukum yang ditempuhnya dalam menyikapi penyalahgunaan Hak Kekayaan Intelektual miliknya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Logo violation, Corporate image, Copyright, Gestalt |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 06:35 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 06:35 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46902 |