ABDUL KADIR (2024) PENANAMAN NILAI-NILAI SPIRITUALITAS ISLAM PADA ANAK DISABILITAS KONGENITAL DALAM RUMAH TANGGA SUKU BUGIS. S3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (796kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (35kB)
Bab I.pdf
Download (290kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (716kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (162kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (615kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (42kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (245kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (284kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis proses penanaman nilai-nilai spiritualitas Islam pada anak disabilitas kongenital dalam rumah tangga suku Bugis. menggunakan penelitian jenis kualitatif dengan metode pendekatan fenomenologi. Informan terdiri dari tiga keluarga yang terdiri ayah dan ibu, satu informan anak disabilitas kongenital, nenek dan saudara kandung ikut dalam pengasuhan dalam rumah tangga. Teknik pengmpulan data menggunakan oberservasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan triangulasi. Hasil temuan penelitian ini menjelaskan (1) Proses penaman nilai-nilai spiritualitas pada anak disabilitas kongenital melalui: (a) nilai pembelajaran keagamaan yang diterapkan kepada anak sejak dini melalui pengajaran dan pelaksanaan ibadah secara bertahap. Anak diajarkan untuk selalu bersedekah terutama memasukkan uang ke kotak amal masjid hal ini dilakukan agar terbentuk stimulus sejak kecil. Metode komunikasi dengan pemberian, bercerita, menonton film animasi Islam, keteladanan, beribadah, dan berdoa merupakan bagian penanaman nilai spiritual Islam pada anak. (b) penanaman nilai kebermaknaan hidup yang diterapkan kepada anak melalui tiga tahap; nilai kreatif (creative value) semua informan fokus pada kelebihan atau skill yang dimiliki anak termasuk penggalian nilai spiritual Islam. Aspek nilai penghayatan (experimental value) berfokus pada penerimaan diri atas kekurangan fisik yang di miliki dengan cara bersyukur dan terus menguatkan nilai positif yang ada di dalam diri anak. dan nilai sikap (attitudinal value) penerimaan diri yang ditingkatkan dengan membutuhkan dukungan positif dari keluarga, dan masyarakat. (2) Model pendekatan yang dipilih: model modeling, ibadah, dan model pembentukan lingkungan keluarga. Anak anak disabilitas kongenital lebih mudah memahami dalam praktek kehidupan sehari-hari. Dan (3) pemilihan model modelling, Ibadah dan pembentukan lingkungan keluarga menjadi pilihan dalam penanaman nilai-nilai spiritualitas Islam pada anak disabilitas kongenital karena memiliki efek dalam pemberian pembelajaran langsung yang dipraktikkan dan dicontohkan oleh orang tua, nenek dan saudara dalam kehidupan sehari-hari anak disabilitas kongenital.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | include spiritual values, children, congenital disabilities, household, the Bugis tribe |
Divisions: | Program Doktor > Psikologi Pendidikan Islam S3 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 27 Jul 2024 07:39 |
Last Modified: | 27 Jul 2024 07:39 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46959 |