Listiyani Nurindah Sari (2021) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU ISMUBA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH GAMPING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (826kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9kB)
Bab I.pdf
Download (143kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (258kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (158kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (350kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (78kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (84kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (925kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (333kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah perubahan pendidikan yang mengarah di era revolusi industri 4.0 mengubah sistem pembelajaran ISMUBA selama pandemi covid-19 di SMK Muhammadiyah Gamping berlangsung secara online. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui berapa besar pengaruh kompetensi profesional guru ISMUBA di era revolusi industri 4.0 terhadap hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah kuantitatif jenis korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Sederhana. Pengambilan data dilakukan dengan teknik random sampling dengan mengambil 52 sampel yaitu 20% dari 257 populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi Profesional Guru ISMUBA di era revolusi industri 4.0 dalam bidang berfikir kritis terhadap pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi serta kolaborasi yang dimiliki menunjukkan kategori sedang dengan nilai sebesar 3,35 dan 3,42. Sedangkan penguasaan guru dalam bidang TIK dan kemampuan kreatif serta inovatif di SMK Muhammadiyah Gamping dalam menyampaikan pembelajaran masuk kategori tinggi ditunjukkan dengan nilai 3,69 dan 3,61. Hasil belajar siswa masuk kategori sedang yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata sebesar 74,94. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kompetensi profesional guru ISMUBA di era revolusi industri 4.0 berpengaruh sebesar 32,6% terhadap hasil belajar siswa sedangkan 67,4% dipengaruhi oleh faktor lainya.
Kata Kunci: kompetensi profesional, hasil belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 06:45 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 06:45 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4702 |