STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATAKN KEMANDIRIAN SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB N 1 BANTUL

Novita Cahya Pratiwi (2021) STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATAKN KEMANDIRIAN SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB N 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi dalam meningkatkan kemandirian siswa tunagrahita di SLB N 1 Bantul. Subyek dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar anak tunagrahita kategori ringan di SLB N 1 Bantul. Berdasarkan penghitungan badan pemerintah daerah Yogyakarta pada tahun 2020 jumlah sementara tunagrahita mencapai 6.099. Kebanyakan masalah yang dihadapai penyandang tunagrahitaadalah Pendidikan yang diperoleh sehingga penelitian ini akan melihat strategi yang dilakukan oleh guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara yangkemudian akan di analisis serta di uji keabsahannya menggunakan Teknik triangulasi. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui, 1) Strategi yang digunakan pada setiap guru memiliki perbedaan dan memiliki kesamaan dalam meningkatkan kemandirian. 2) Siswa tunagrahita memiliki perbedaan kemampuan. 3) Bentuk komunikasi verbal dan non verbal digunakan oleh guru dalam meningkatkan kemandirian. 4) Kemandirian pada setiap anak berbedabeda berdasarkan jenjang Pendidikan. 5) Terdapat hambatan dari faktor internal an eksternal dalam proses meningkatkan kemandirian siswa.
Kata kunci: Strategi komunikasi interpersonal, meningkatkan kemandirian, siswa tuna grahita

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 16 Dec 2021 06:39
Last Modified: 16 Dec 2021 06:39
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4706

Actions (login required)

View Item
View Item