EFL LEARNERS' ATTITUDE TOWARDS THE USE OF CALL IN LANGUAGE LEARNING

NADIA AULIA NISA RUSMANA (2024) EFL LEARNERS' ATTITUDE TOWARDS THE USE OF CALL IN LANGUAGE LEARNING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

CALL (Computer-Assisted Language Learning) sering digunakan untuk mencapai keberhasilan dalam pembelajaran bahasa. Penelitian ini menyelidiki sikap pembelajar EFL terhadap penggunaan CALL dan perbedaan signifikan sikap pembelajar EFL terhadap penggunaan CALL berdasarkan gender. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Swasta Islam Yogyakarta. Peneliti menyebarkan kuesioner sebanyak 37 item di CALL untuk mengumpulkan data. 122 pembelajar EFL angkatan 2020, 43 laki-laki dan 79 perempuan. Hasil mengenai sikap pelajar EFL terhadap CALL memiliki skor rata-rata dari total item sebesar 3,32 (SD=0,35). Hasil pertanyaan penelitian pertama menunjukkan bahwa pembelajar EFL mempunyai sikap positif terhadap penggunaan CALL. Pertanyaan penelitian kedua mengenai perbedaan signifikan sikap berdasarkan gender peserta didik diolah melalui uji t dengan syarat uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil tersebut diperoleh nilai signifikan sebesar 0,55. Hasil pertanyaan penelitian kedua menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan sikap penggunaan CALL antara peserta didik laki-laki dan perempuan. Dapat disimpulkan H1 ditolak; tidak ada perbedaan yang signifikan antara sikap peserta didik laki-laki dan perempuan terhadap penggunaan CALL. Penelitian menunjukkan bahwa CALL sangat direkomendasikan untuk pembelajaran bahasa karena dapat meningkatkan hasil positif pembelajar EFL.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Attitude, CALL, EFL Learning, Gender Difference
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 27 Jul 2024 06:34
Last Modified: 27 Jul 2024 06:34
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47084

Actions (login required)

View Item
View Item