URGENSI TOAFL DALAM PENINGKATAN KEMAHIRAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHASISWA SEMESTER 6 PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB TAHUN AKADEMI 2019/2020

Alamuddien Asyrozi (2020) URGENSI TOAFL DALAM PENINGKATAN KEMAHIRAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHASISWA SEMESTER 6 PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB TAHUN AKADEMI 2019/2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (985kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Riset ini berbicara tentang urgensi Toafl (Test of Arabic as a Foreign Language) dalam meningkatkan skill kebahasaan, dimana riset ini menjadikan mahasiswa semester 6 jurusan pendidikan bahasa Arab fakultas pendidikan bahasa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai sampel kajian dengan metode Simple Random Sampling, pemilihan sample secara acak dan sederhana yang memberikan peluang dan kedudukan yang sama bagi seluruh populasi, adapun jumlah mahasiswanya adalah 15 mahasiswa. Peneliti Menggunakan dalam kajianya metode kualitatif dengan pendekatan analysis deskriptif dalam mendeskripsikan data data yang diperoleh dari ujian toafl, adapun metode pengumpulan data itu didasarkan dari beberapa tahapan, diantaranya observasi wawancara dan dokumentasi. Diantara hasil kajian yang terpenting bahwasanya ujian toafl ini mencakup tiga kemampuan berbahasa, yaitu: kemahiran mendengar, kemahiran membaca, dan kemahiran menulis, dan dari hasi penelitian terhadap mahasiswa yang terpilih sungguh telah memberikan peningkatan yang signifikan terhadap kemahiran berbahasa mereka, hal itu ditujukan dengan nilai yang diperoleh pada dua ujian pada setiap kemampuan berbahasa, dengan perincianya: 14 mahasiswa memperoleh nilai yang meningkat pada kemampuan mendengar, dan hanya 1 mahasiswa saja yang memperoleh nilai yang sama pada dua ujian kemampuan mendengar, adapun pada kemampuan membaca terlihat ada 9 mahasiswa yang meningkat nilainya dari ujian kemampuan membaca pertama ke ujian kedua dan sisanya ada 6 mahasiswa yang mengalami penurunan, sementara dalam kemampuan menulis ada 10 mahasiswa yang meningkat nilainya dari ujian pertama ke ujian kedua dan 3 pada nilai yang sama atau tidak berubah dan 2 mahasiswa yang lainya mengalami penurunan. Disini dapat dicatat bahwasanya nilai rata rata yang tinggi yang significant diperoleh dalam kemampuan mendengar yaitu dengan tingkat rata rata 45%

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2021 01:41
Last Modified: 23 Oct 2021 02:49
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/471

Actions (login required)

View Item
View Item