PERBEDAAN PERSEPSI TERHADAP INTERPROFESSIONAL EDUCATION (IPE) ANTARA MAHASISWA KEDOKTERAN DAN KEPERAWATAN UMY

LA TANIYA JIHAN SALSABILA (2024) PERBEDAAN PERSEPSI TERHADAP INTERPROFESSIONAL EDUCATION (IPE) ANTARA MAHASISWA KEDOKTERAN DAN KEPERAWATAN UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Kolaborasi antara dokter dan perawat merupakan kunci utama dari terwujudnya kualitas kesehatan yang terbaik pada pasien. Pentingnya Interprofessional Education (IPE) adalah untuk meyiapkan lulusan untuk siap melakukan praktik kolaborasi interprofesi secara efektif pada pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan persepsi pengalaman belajar interprofesi pada mahasiswa kedokteran dan keperawatan FKIK UMY.Metode : Desain penelitian adalah observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Kuesioner tentang Interdisciplinary Education Perception Scale (IEPS) dibagikan kepada mahasiswa kedokteran dan keperawatan tahun pertama dan tahun keempat sejumlah 238 mahasiswa yang dipilih secara purposive sampling. Data dianalisis menggunakan analisis univariat untuk mengetahui distribusi frekuensi dan persentase. Analisis bivariat dilakukan menggunakan uji T Independen dan uji chi-square. Hasil : Analisis dengan uji beda didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,135 (0,135 > 0,05) yang menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan pada rata-rata persepsi mahasiswa kedokteran dan keperawatan terhadap IPE. Mahasiswa kedokteran yang belum mendapatkan pembelajaran interprofesi memiliki persepsi yang lebih baik daripada mahasiswa kedokteran yang sudah mendapatkan pembelajaran interprofesi. Mahasiswa keperawatan yang sudah mendapatkan pembelajaran interprofesi memiliki persepsi yang lebih baik daripada mahasiswa keperawatan yang belum mendapatkan pembelajaran interprofesi.Kesimpulan : Tidak didapatkan perbedaan signifikan rerata persepsi pembelajaran IPE antara mahasiswa kedokteran dan keperawatan (p > 0,05)

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Learning experience, IPE, Curriculum integration
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 26 Jul 2024 01:44
Last Modified: 26 Jul 2024 01:44
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47106

Actions (login required)

View Item
View Item