LA TANIYA JIHAN SALSABILA (2024) PERBEDAAN PERSEPSI TERHADAP INTERPROFESSIONAL EDUCATION (IPE) ANTARA MAHASISWA KEDOKTERAN DAN KEPERAWATAN UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (408kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (211kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (30kB)
Bab I.pdf
Download (117kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (97kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (162kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (155kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (27kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (173kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (726kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (256kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Latar Belakang : Kolaborasi antara dokter dan perawat merupakan kunci utama dari terwujudnya kualitas kesehatan yang terbaik pada pasien. Pentingnya Interprofessional Education (IPE) adalah untuk meyiapkan lulusan untuk siap melakukan praktik kolaborasi interprofesi secara efektif pada pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan persepsi pengalaman belajar interprofesi pada mahasiswa kedokteran dan keperawatan FKIK UMY.Metode : Desain penelitian adalah observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Kuesioner tentang Interdisciplinary Education Perception Scale (IEPS) dibagikan kepada mahasiswa kedokteran dan keperawatan tahun pertama dan tahun keempat sejumlah 238 mahasiswa yang dipilih secara purposive sampling. Data dianalisis menggunakan analisis univariat untuk mengetahui distribusi frekuensi dan persentase. Analisis bivariat dilakukan menggunakan uji T Independen dan uji chi-square. Hasil : Analisis dengan uji beda didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,135 (0,135 > 0,05) yang menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan pada rata-rata persepsi mahasiswa kedokteran dan keperawatan terhadap IPE. Mahasiswa kedokteran yang belum mendapatkan pembelajaran interprofesi memiliki persepsi yang lebih baik daripada mahasiswa kedokteran yang sudah mendapatkan pembelajaran interprofesi. Mahasiswa keperawatan yang sudah mendapatkan pembelajaran interprofesi memiliki persepsi yang lebih baik daripada mahasiswa keperawatan yang belum mendapatkan pembelajaran interprofesi.Kesimpulan : Tidak didapatkan perbedaan signifikan rerata persepsi pembelajaran IPE antara mahasiswa kedokteran dan keperawatan (p > 0,05)
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning experience, IPE, Curriculum integration |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 01:44 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 01:44 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47106 |