Ahmad Kautsar (2021) KEMANGKUSAN GAYA MENGAJAR GURU DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ ALAM TUNAS MULIA UNTUK MENINGKATKAN ASPEK PENGETAHUAN DAN PENGAMALAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (658kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (514kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6kB)
Bab I.pdf
Download (201kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (542kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (118kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (439kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (15kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (214kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (308kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya mengajar guru di Pondok Pesantren Tahfidz Alam Tunas Mulia, mengetahui efektivitas gaya mengajar guru di pondok pesantren dalam meningkatkan aspek pengetahuan dan pengamalan di Pondok Pesantren Tahfidz Alam Tunas Mulia dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan aspek pengetahuan dan pengamalan santri di Pondok Pesantren Tahfidz Alam Tunas Mulia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta pengolahan data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukan sebagian besar guru-guru di pondok pesantren tahfidz tersebut tidak memiliki kemampuan pedagogis mengenai gaya mengajar secara maksimal. Kedua, yaitu masih minimnya cara gaya mengajar yang efektiv oleh guru-guru di pondok pesantren tersebut dalam upaya meningkatkan aspek pengetahuan dan pengamalan santri. Ketiga, untuk faktor pendukung penghambat dalam meningkatkan aspek pengetahuan dan pengalaman yaitu faktor pendukung: modal awal siswa dalam menghafal, kegiatan belajar pondok tidak perlu fasilitas yang banyak dan sebagian guru adalah lulusan pesantren. Faktor penghambat: kurangnya minat belajar santri, Lemahnya kompetensi pedagogis guru, lokasi pondok pesantren yang tidak strategis, dan terbatasnya dana pondok pesantren.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 02:04 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 02:04 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4711 |