LAILI KHOIRIYANA HERNANDA (2024) EVALUASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR'AN SEBAGAI FAKTOR PENDUKUNG KENAIKAN KELAS DAN KELULUSAN SISWA MENGGUNAKAN MODEL CIPP DI MI MUHAMMADIYAH 08 LEMBOR, BRONDONG, LAMONGAN, JAWA TIMUR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (997kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (277kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (203kB)
Bab I.pdf
Download (237kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (331kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (231kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (787kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (208kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (216kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (221kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Pelaksanaan program tahfidz al-Qur’an memiliki banyak sekali permasalahan yang timbul seperti kurangnya kemampuan siswa dalam menghafal, hafalan siswa belum mencapai seratus persen, dan beberapa orang tua tidak peduli serta kurang berperan dalam berjalannya program ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi terhadap context, input, process, dan product program tahfidz alQur’an sebagai faktor pendukung kenaikan kelas dan kelulusan siswa di MI Muhammadiyah 08 Lembor, Brondong, Lamongan, Jawa Timur. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), untuk menguji kredibilitas data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dan pendekatan dalam penelitian ini ialah pendekatan evaluatif. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi teori Stuefflebeam yaitu CIPP (Context, Input, Process, Product). Data yang diperoleh dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yang mencakup tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Hasil evaluasi context menunjukkan bahwa beberapa kriteria evaluasi konteks yang ada telah dipenuhi. Akan tetapi, pada kebijakan program, dan analisis kebutuhan perlu untuk diperbaharui. 2) Komponen input pada program tahfidz al-Qur’an di MI Muhammadiyah 08 Lembor adalah cukup, karena kualifikasi yang ditetapkan sekolah masih perlu untuk ditingkatkan lagi. 3) Komponen evaluasi process dalam program tahfidz yang telah dilakukan madrasah ialah menetapkan jadwal program pembelajaran tahfidz, hanya saja perlu untuk ditambahkan jumlah pertemuan dalam program pembelajaran tahfidz al-Qur’an supaya lebih efektif. 4) Hasil evaluasi product menunjukkan bahwa sebagian besar pencapaian target hafalan peserta didik berjalan sesuai target.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | program evaluation, tahfidz al-Qur'an, CIPP model |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 07:24 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 07:24 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47117 |